Senin, 21 Oktober 2019

PIDATO PELANTIKAN BERKUALITAS KHALIFAH ABU BAKAR, AKANKAH TERULANG?

Gambar terkait
By: Wahyudi al Maroky (Dir. PAMONG Institute)

Ibarat minum kopi, tak kan ada yang bisa dituangkan dari teko jika isinya tak ada. Jenis yang bisa dituangkan dari teko pun tergantung apa isinya. Teko yang berisi kopi tak mungkin mengeluarkan anggur merah. Demikian juga teko yang berisi air susu tak mungkin mengeluarkan air comberan. Jadi teko hanya menuangkan apa isi di dalamnya.

Demikian juga manusia, ibarat teko ia akan menuangkan apa isi yang ada di dalamnya. Apa yang keluar dari ucapan seseorang adalah cerminan apa yang ada dalam hati dan pikirannya. Kalaupun akan ditutupi hanyalah bisa sebentar saja, tak kan bertahan lama, selanjutnya akan keluar juga aslinya.

Sebagaimana manusia biasa, seorang pemimpin pun dapat dinilai dari ucapan dan tindakan yang ditampilkannya. Jika ucapannya baik, setidaknya ia akan menyesuaikan ucapannya dengan tindakannya.

Betapa banyak pemimpin hebat yang dikenang dari ucapannya yang baik lalu dituangkan dalam kebijakan dan tindakan yang baik. Diantara ucapan yang baik dan terekam dalam catatan sejarah adalah ucapan Abu Bakar dalam pidato pelantikannya sebagai Khalifah pertama pengganti Nabi SAW dalam kepemimpinan negara.

Dalam pidatonya yang fenomenal, sang Khalifah menegaskan bahwa dirinya tak ingin menjadi pemimpin. Namun ia tak bisa menolak ketika Sahabatnya Umar Bin Khathab mengangkat tangannya dan diikuti para sahabat senior lainnya menunjuknya jadi pemimpin. Sebagaimana penggalan pidatonya:
“Demi Allah, sesungguhnya saya tak pernah berambisi pada kekuasaaan meski sehari atau semalam dalam hidupku. Saya tak pernah menginginkannya. Saya tak pernah satu kali pun meminta kepada Allah baik secara terang-terangan maupun secara rahasia.”

Bahkan sang khalifah pun mengingatkan kepada semuanya bahwa ia bukanlah yang terbaik. Ia minta dikoreksi jika berbuat salah. Hal itu sebagaimana termuat dalam pidatonya yang fenomenal ketika usai di baiat (dilantik) menjadi khalifah.

Ia berdiri dan memuji Allah dan menyatakan syukurnya. Kemudian ia berkata, 

“Amma ba’du. Wahai manusia! Sesungguhnya saya telah dipilih untuk memimpin kalian dan BUKANLAH saya orang TERBAIK diantara kalian. Maka jika saya melakukan hal yang BAIK maka BANTULAH saya. Dan jika saya melakukan tindakan yang MENYELEWENG maka LURUSKANLAH saya. Sebab kebenaran itu adalah amanah, sedangkan kebohongan itu adalah pengkhianatan.
Orng yang lemah diantara kalian adalah kuat dalam pandangan saya hingga saya ambilkan hak-haknya untuknya. Sedangkan orang yang kuat diantara kalian adalah lemah dihadapanku hingga saya ambil hak orang lain darinya, insyaAllah.
Dan tidak ada satu kaum pun yang meninggalkan jihad dijalan Allah kecuali akan Allah timpakan kepadanya kehinaan. Dan tidaklah menyebar kemaksiatan kepada suatu kaum kecuali akan Allah timpakan kepada mereka petaka.
Taatlah kalian kepadaku selama saya TAAT kepada ALLAH dan RASULNYA. Jika saya melakukan maksiat kepada Allah dan RasulNya maka tidak ada kewajiban taat kalian kepadaku…”

Dari pidato tersebut terdapat beberapa poin penting yang bisa kita jadikan teladan. Lebih dari itu bisa kita jadikan untuk mengukur kualitas kita dan pemimpin kita. Diantara poin penting tersebut;

PERTAMA, Pemimpin tak boleh merasa menjadi orang terbaik sehingga merasa hebat dan tak mau menerima saran maupun pendapat orang lain.

KEDUA, Pemimpin bukanlah manusia super yang bisa melakukan apa pun sendirian. Maka jika berbuat baik maka minta dibantu dan didukung. Dengan begitu semakin banyak orang yang turut berbuat baik.

KETIGA, Pemimpin harus bersedia dikoreksi dan dinasehati demi kebaikan bersama. Pemimpin bukanlah malaikat yang terbebas dari salah. Apalagi dalam sistem demokrasi sekarang yang konon kata salah seorang profesor terkenal bahwa malaikat pun masuk sistem kita bisa jadi iblis. Apalagi kita manusia biasa.

KEEMPAT, Pemimpin dengan kewenangannya harus melindungi pihak yang lemah. Jangan justru menekan dan menindas mereka.

KELIMA, pemimpin wajib ditaati selama ia taat kepada Allah Sang Pencipta alam semesta. Jika ia bermaksiat dan memerintahkan maksiat maka tidak wajib ditaati, justru wajib dinasihati. Karena maksiat mengundang bencana dan malapetaka.

Akankah pidato yang berkualitas itu akan terulang lagi di era sekarang? Ataukan pemimpin sekarang hanya berpidato formalitas karena tidak keluar dari dalam dada dan kepalanya, tidak keluar dari lubuk hati dan fikirannya? Kita nantikan saja.

Semoga negeri ini mendapatkan pemimpin yang taat kepada Allah sang pencipta alam, manusia dan segenap aturanNYA. Dan dengan ketaatan itu kiranya negeri ini senantiasa terlindung dari bahaya dan bencana. Semoga.

Minggu, 20 Oktober 2019

MENU AYAM PEDAS

1. AYAM MADU PEDAS
 Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan:
-300 gr ayam fillet.
-3 siung bawang putih cincang.
-7 buah cabe rawit merah iris.
-1 btg daun bawang, iris.
-5 sdm tepung terigu.
-2 sdm tepung maizena.
-1 btr telur, kocok lepas.

Bumbu saus:
-3 sdm madu.
-2 sdm saus sambal.
-1 sdm saus tomat.
-1 sdm kecap manis.
-Garam, merica secukupnya.
-Sedikit air.


Cara Membuat :
1. Potong-potong ayam beri merica dan garam aduk-aduk lalu biarkan beberapa saat.
2. Celupkan ke kocokan telur lalu balur ke campuran tepung terigu dan maizena satu persatu.
3. Goreng lalu sisihkan.
4. Tumis bawang putih lalu masukkan cabe rawit dan daun bawang aduk rata lalu tuangkan bumbu saus beri sedikit air aduk rata, tes rasa.
5. Masukkan ayam lalu aduk terus hingga ayam tercampur rata dengan saus, angkat lalu siap disajikan. [
@linasutiono]



2. AYAM JERIT PETE
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan:
Hasil gambar untuk FIBER CREME-500 gram dada ayam(tanpa tulang).
-2 papan pete.
-1 sendok makan FiberCreme
-150 ml air.
-Segenggam daun kemangi.

-4 lembar daun jeruk.

Bumbu halus:
-100 gram cabe kriting + rawit.
-1bh tomat buang bijinya.
-10 bh bawang merah.
-5 siung bawang putih.
-2 cm kencur.
-2 cm kunyit.
-3 bh kemiri (sangrai).


Secukupnya:
-Jeruk kunci.
-Saus tiram.
-Garam, lada dan gula.
-Minyak goreng.

Cara Membuat:

1. Cuci bersih daging ayam, lumuri dengan air jeruk kunci & garam.marinasi sekitar 30 menit lalu goreng ayam sampai matang, angkat, tiriskan dan di suwir (sobek kecil-kecil).
2. Panaskan dua sendok makan minyak tumis bumbu halus dengan api kecil sampai bau langu bumbu hilang. Tambahkan daun jeruk, lalu masukan potongan ayam suwir dan pete. Aduk hingga rata.
3. Tuang air dan masukan @FiberCreme, bumbui saus tiram, garam, lada dan gula pasir. Aduk sampai bumbu meresap sempurna. Test rasa sebelum diangkat, tambahkan satu sendok air jeruk kunci dan taburi daun kemangi aduk rata.
4. Angkat dan sajikan. [@lusiaa_vv]



3. AYAM BETUTU


 Gambar mungkin berisi: makanan dan teks
Bahan :
-1 ekor ayam kampung utuh.
-Air secukupnya.

Bumbu yg diulek halus :
-1/2 sdm ketumbar.
-2 butir kemiri.
-1/2 ruas kunyit.
-7 biji cabe rawit.
-1sdt terasi.
-1sdt merica.
-Garam , gula secukupnya.

Bumbu yg dirajang halus:
-100 gr bawang merah.
-4 siung bawang putih.
-1 jempol lengkuas.
-2 jempol kencur.
-1/2 ruas kunyit.
-1 jempol jahe.
-10 biji cabe rawit.
-2 batang sereh.

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu yang diulek dan dirajang halus sampai wangi dan matang
2. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan.. aduk hingga rata. Beri garam dan gula sesuai selera.
3. Tambahkan air sampai menutupi ayam. Ungkep dengan api kecil sampai ayam benar-benar empuk dan bumbu meresap. Koreksi rasa lalu sajikan. [
@eunice_euston]


4. RUJAK AYAM

Gambar mungkin berisi: makanan
PART 1
AYAM BAKAR KECAP

Bahan :
-1,3 kg ayam (potong sesuai selera).

Bumbu halus:
-20 siung bawang merah.
-12 siung bawang putih.
-4 butir kemiri.
-1 sdt ketumbar.
-1 sdt kunyit bubuk (bisa ganti 3 cm kunyit kupas, bakar).

Bumbu daun:
-8 lembar daun jeruk.
-2 batang serai (geprek).
-10 cm jahe (geprek).
-10 cm laos (geprek).
-3 lembar daun salam.

Bahan tambahan:
-Secukupnya garam dan kaldu bubuk.
-1 sdm gula pasir.
-9 sdm kecap bango.
-500 ml air.
-Larutan asam jawa (3 sdm air + 1 sdm mata asam jawa).

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu halus dan bumbu daun sampai harum dan matang. Masukan ayam lalu aduk sampai ayam berubah warna.
2. Masukan bahan tambahan. Aduk rata sampai ayam matang sempurna, bumbu meresap dan mengental.
3. Pastikan ayam empuk, koreksi rasa. Matikan api. Panaskan pemanggang, bakar ayam sesuai selera kematangan. Selesai.

PART 2
SAMBAL RUJAK

Bahan goreng (digoreng sampai matang):
-10 buah cabai merah keriting.
-10 buah cabai rawit merah.
-1 buah tomat.
-8 siung bawang merah.

Bahan lain:
-Secukupnya garam.
-Secukupnya gula pasir.
-Secukupnya penyedap kalau mau.
-2 sdm gula aren sisir.
-1 sdt terasi goreng.
-Air asam jawa (1 sdm mata asam jawa dilarutkan dengan 3 sdm air, remas2 lalu buang bijinya).

Cara Membuat:
Haluskan bahan goreng lalu tumis dengan api kecil. Tambahkan bahan lain, aduk rata dan tumis hingga mendidih. Koreksi rasa. Selesai.

PART 3 PENYAJIAN
Geprek ayam bakar di cobek lalu siram dengan sambal rujak. 
Sajikan dengan nasi dan lalapan. [@andinskitchen]



5. AYAM PANGGANG BUMBU RUJAK

Gambar mungkin berisi: makanan
By :

Bahan:
-600 gram ayam (3/4 ayam, potong 3 bagian)
-2 keping gula merah.
-5 sdm air asam jawa.
-2 sdm kecap manis.
-4 sdm fiber creme (bisa di ganti santan instan 1 bungkus kecil).
-2 lembar daun salam.
-2 cm lengkuas geprek.
-400-500 ml air matang.
-Garam, kaldu bubuk secukupnya.

Bumbu halus:
-10 buah bawang merah.
-4 siung bawang putih.
-12 buah cabai merah keriting.
-3 buah cabai rawit merah.

Cara Membuat:

1. Cuci bersih ayam dengan jeruk nipis. Tiriskan.
2. Didihkan 400ml air, masukan ayam rebus lalu buang buih/kotoran yang mengapung di permukaan air
3. Masukan semua bumbu halus, gula jawa, air asam jawa, daun salam dan lengkuas lalu tutup wajan (gunakan api sedang).
4. Jika air sudah menyusut setengah balik ayam lalu masukan kecap manis dan fiber creme/santan instan beri garam dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata, Masak hingga kuah sat/surut dan ayam empuk. Koreksi rasa.
5. Panaskan teflon anti lengket, beri sedikit margarine lalu panggang ayam jangan lupa di bolak balik sambil di oles bumbu. Angkat dan sajikan. [@yoanitasavit]

Sabtu, 19 Oktober 2019

5 OBAT ALAMI UNTUK RAMBUT RONTOK

Gambar mungkin berisi: tanaman, alam dan luar ruangan
1. Neem
Neem atau mimba memiliki sifat anti bakteri yang menakjubkan. Daun yang banyak di India itu bisa membantu mengurangi rambut rontok, dengam meningkatkan aliran darah ke kulit. Selain itu juga membantu membunuh bakteri dan kutu yang ada di rambut.
Caranya, rebus beberapa daun nimba dalam air sampai melihat perubahan warna air, biarkan dingin dan gunakan konsentrasi untuk mencuci rambut Anda.
Lakukan seminggu sekali untuk mengurangi rambut rontok dan juga membantu menghilangkan ketombe. Neem juga bisa membuka pori-pori yang terblokir di kulit kepala sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut.

Keterangan foto tidak tersedia.
2. Lidah buaya
Tanaman ini membantu mengatasi rambut rontok dengan menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala Anda. Gel yang disekresikan lidah buaya merembes ke kulit kepala dan juga memicu pertumbuhan rambut.
Anda bisa dengan meremas pulpa dari daun lidah buaya atau tangkai dan pijat perlahan kulit kepala Anda selama 15 sampai 20 menit. Kemudian bilas rambut dengan air.
Lakukan ini dua kali seminggu dan Anda akan melihat hasil yang menakjubkan.

Gambar mungkin berisi: minuman dan tanaman
3. Teh hijau
Minum teh hijau sangat menakjubkan untuk kesehatan. Tak hanya itu, jika Anda merebus tiga kantong teh hijau dan menggunakannya untuk membilas rambut, ini bisa membantu mengendalikan rambut rontok. Lakukanlah dua kali seminggu.
Teh hijau juga akan melindungi kulit kepala dan rambut Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, mencegah rambut pecah-pecah, dan membuat rambut Anda lebih bersinar.

Gambar mungkin berisi: tanaman dan makanan
 4. Jus ketumbar
Jus ketumbar membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengendalikan rambut rontok. Buatlan pasta kental dengan menggiling daun ketumbar segar, saring dan simpan jusnya.
Oleskan jus pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama satu jam dan kemudian gunakan sampo ringan untuk mencucinya.
Melakukannya dua kali seminggu membantu menjaga kerontokan rambut tetap terkendali, dan juga membuat rambut Anda halus.

Gambar mungkin berisi: buah dan makanan
5. Kentang
Kentang ternyata bisa menjadi penyelamat saat menghadapi rambut rontok. Makanan ini membantu dalam mengatasi kekurangan kalium yang menyebabkan rambut rontok.
Yang perlu Anda lakukan adalah mengupas kulit kentang, haluskan, dan peras untuk mengumpulkan jusnya. Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam jus kentang dan oleskan sebagai masker rambut dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan sampo ringan.
Melakukannya seminggu sekali dapat membantu mengendalikan rambut rontok.

5 MANFAAT BUAH SEMANGKA

Gambar mungkin berisi: teks dan makananGambar mungkin berisi: makananGambar mungkin berisi: makanan dan luar ruanganGambar mungkin berisi: makananGambar mungkin berisi: makananGambar mungkin berisi: makanan

TIPS KESEHATAN BUAT PEROKOK

Keterangan foto tidak tersedia.Keterangan foto tidak tersedia.
Keterangan foto tidak tersedia.Keterangan foto tidak tersedia.
Keterangan foto tidak tersedia.Keterangan foto tidak tersedia.

HADLARAH & MADANIYAH: CARA PRAKTIS MEMBANTU MENENTUKAN HALAL-HARAM SUATU BENDA

Hasil gambar untuk hadharah dan madaniyah


Facebook itu kan buatan orang kafir, halal atau haram ya kalau kita main facebook? Jangankan facebook deh, laptop sama smartphone saja juga buatan orang kafir kan? Boleh tidak dipakai? Disisi lain sampai ada yang bisnisnya berkaitan dengan teknologi, dan ada pula yang sampai-sampai dakwahnya berkaitan pula dengan teknologi karya orang kafir begitu. Jangan-jangan nanti jadi bid'ah lagi?...

Inilah keadaan orang-orang sekarang. Inilah salah satu motivasi besar kita, kenapa harus terjun ke aktivitas dakwah guna mencerdaskan orang-orang. Karena banyak dari kita sekarang, tidak bisa menentukan sesuatu itu halal atau haram. Khususnya, dalam menghadapi persoalan modern zaman sekarang.

Nah, berikut ini, saya akan coba paparkan konsep tentang Hadharah dan Madaniyah. Yang mana dengan konsep ini, insya Allah bisa memudahkan Anda untuk menentukan mana yang boleh dipakai, dan mana yang nggak boleh.

Defenisi Hadharah dan Madaniyah

Biar enak menjelaskan bagaimana cara menggunakan konsep hadharah dan madaniyah untuk menentukan hukum suatu benda, kita berangkat dari defenisi dulu, apa itu hadharah, dan apa itu madaniyah.

Hadharah

Hadharah itu bisa juga artinya: pemahaman. Yang, pemahaman itu ada kaitannya dengan agama-agama tertentu. Juga, ada kaitannya dengan ideologi-ideologi tertentu. Adapun maksud pemahaman disitu adalah, cara pandang tentang kehidupan. Begitu secara istilah. Kalau secara kata, hadharah itu artinya: peradaban.

Contoh. Kan ada agama Islam, ada agama Kristen, dan agama lain-lain. Nah, masing-masing agama, pasti memandang sesuatu itu berbeda-beda. Misal, kalau di dalam Islam babi itu haram, sedangkan di agama lain babi itu halal. Nah, pamahaman terhadap babi, itulah namanya hadharah.


Contoh lain. Terkait hutang piutang. Dalam agama Islam, kalau kita berhutang 10 ribu dari orang, berarti besok harus bayarnya 10 ribu juga ke orang itu. Tidak boleh si pemberi hutang minta dua kali lipat, karena kita kelamaan membayar. Misal, gara-gara kita kelamaan membayar, dikenakan bunga jadi kita dipaksa harus bayar 12 ribu. Nah, itu tidak boleh dalam Islam! Itu namanya riba! Haram! Tapi, dalam kapitalisme, itu boleh. Malah, wajib. Nah, persepsi yang berbeda terhadap hutang-piutang, itulah namanya hadharah.

Jadi:
Sekumpulan pemahaman dalam Islam, itu namanya Hadharah Islam.
Sekumpulan pemahaman dalam Kristen, itu namanya Hadharah Kristen.
Sekumpulan pemahaman dalam Budha, itu namanya Hadharah Budha.
Sekumpulan pemahaman dalam Sekulerisme, itu namanya Hadharah Sekuler.
Sekumpulan pemahaman dalam Atheisme, itu namanya Hadharah Atheis.
Sekumpulan pemahaman dalam Pluralisme, itu namanya Hadharah Pluralisme.
Sekumpulan pemahaman dalam Kapitalisme, itu namanya Hadharah Kapitalisme.
Dan lain-lain, masih banyak lagi.
Tentunya, kita hanya boleh mengambil hadharah Islam. Karena hadharah Islam itu datangnya dari Allah, dan RasulNya. Sedangkan hadharah lain, itu mutlak buatan manusia yang dipengaruhi oleh nafsu dan juga bersumber dari akal yang sifatnya nisbi. Maka, tentu lebih baik mengambil ide yang diberi oleh Yang Menciptakan semesta Yang Paling Tahu yang terbaik bagi ciptaan-Nya.

Madaniyah

Kalau madaniyah itu, artinya benda. Benda, yang bisa kita indera. Bisa kita lihat, kita pegang, kita hirup, kita denger, dan kita jilat. Bentuk fisiknya ada. Contohnya? Yah apa saja yang ada di sekeliling Anda. Handphone, itu madaniyah. Baju, itu madaniyah. Buku, itu madaniyah. Yah, pokoknya, benda fisik yang bisa diindera, itu namanya madaniyah.

Naah, tapi, madaniyah itu terbagi lagi menjadi 2. Yaitu, ada madaniyah amm (umum), dan ada madaniyah khas (khusus). Bedanya?
Kalau madaniyah amm, itu yah benda normal yang biasa aja. Seperti yang tadi dicontohkan, seperti ayam goreng, baju, laptop, dan sebagainya.
Sedangkan madaniyah khas, itu terdapat hadharah non-Islam. Contoh: kalung salib, patung Budha, topi kerucut tahun baru dan ulang tahun, dan sebagainya. Itulah benda-benda yang justifikasinya haram.

Kalau sudah paham ini, insya Allah, jadinya kita bisa membedakan mana benda yang haram dan halal. Tidak seperti halnya orang Indonesia dulu ketika dijajah Belanda. Saat itu, karena sebagian "orang berada" diberikan pakaian rapi, termasuk dasi, kemudian dasi itu dikatakan sebagai benda yang haram. Padahal, tidak. Karena dasi itu termasuk madaniyah amm. Bukan madaniyah khas. Dan masih banyak lagi kasus serupa lainnya seperti halnya kasus hukum celana jeans, batik, jas, dan lain sebagainya.

Dengan begini, terjawablah pertanyaan di awal tadi. Sekiranya suatu benda itu tidak mengandung pandangan hidup tertentu yang bukan Islam, halal. Boleh-boleh saja dipakai. Apalagi, kalau nggak bertentangan dengan Al-Qur'an dan Assunnah, yah sah-sah saja.

Kisah Adi bin Hatim Mencampakkan Kalung Salibnya
Mari sejenak belajar dari Adi bin Hatim. Nah, Adi bin Hatim ini, merupakan salah seorang sahabat Rasulullah yang sebelum masuk agama Islam, agamanya adalah Nasrani. Suatu ketika Rasulullah ngelihat si Adi bin Hatim masih memakai kalung salib di lehernya. Lalu Rasulullah mendatanginya, kemudian membacakan surat At-Taubah ayat 31:
“Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan...." [TQS. At-Taubah (9): 31]

Tapi Adi bin Hatim malah bilang, "Ih, aku nggak pernah kok nyembah rahib-rahib maupun pendeta-pendeta itu.." Kemudian Rasulullah menjawab, "Apakah rahibmu menghalalkan apa yang diharamkan oleh Allah, dan kamu menghalalkannya? Dan apakah rahibmu mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah, kemudian kamu mengharamkannya?"

Mendadak Adi bin Hatim sadar, dan ngaku salah, kemudian bertaubat. Lalu ia campakkan kalung salib itu.

Say "No" to Madaniyah Khas yang Bukan Islam

Kisah tersebut selaras dengan kaidah syara’ yang berbunyi, Al-ashlu fil asy-yaa’ al-ibaahah, maalam yarid Daliilut-Tah-rim. Artinya, hukum asal suatu benda adalah mubah, selama tidak ada dalil yang mengharamkannya.

Kalau soal perbuatan jahat yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan madaniyah amm, itu hukumnya tergantung perbuatannya. Lihat dulu fakta kasusnya. Kasus apapun. Karena memang hukum asal perbuatan manusia itu terikat dengan hukum syara' (Al-ashlu fil af'al at-taqoyyadu bi al-hukmi asy syari'iy).

Dan selaras pula dengan hadits yang Rasulullah sampaikan, "Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka." (HR. Abu Dawud). [@aiza]
Wallahu 'Alam...

Minggu, 13 Oktober 2019

PENGALAMAN JUAL EMAS DI ANTAM

Pada suatu masa, enam tahun lalu, saya menjajal menabung emas. Mikirnya, sayang uangnya kalau cuma di tabungan aja. Lagian risiko uangnya habis buat jajan-sengaja atau ga sengaja-juga besar. Waktu itu saya pilih belanja emasnya online, di toko emas Empat Hati.
 
Empat Hati itu punyanya Widi Mulia, belinya via twitter, lanjut chat, lalu barangnya dikirim ke rumah dengan bayar biaya kurir. Kenapa beli online? Karena saya baru punya bayi dan ga sempet ke luar rumah.

Kok yakin kalau emasnya asli? Yah, untuk ini saya ga punya jawaban yang memuaskan pastinya. Saya pilih penjual dengan track record baik, waktu itu dan sampai sekarang saya ga pernah denger berita yang jelek-jelek soal Widi, jadi kenapa nggak
 
Setelah beli, saya sempat cari-cari save deposit box di beberapa bank, cari yang ukuran terkecil, tapi ga ketemu, penuh semua. Jadi, selama ini emasnya tersimpan di rumah dan rasanya ga nyaman. Karena kurang nyaman itu, saya udah sempat beberapa kali mau jual, nawarin ke temen-temen aja, tapi belum jodoh.

Sampailah ke Januari 2018, dan di komplek sempat ada kejadian kemalingan beberapa kali. Rasa ga nyaman menjadi. Lalu, saya memutuskan untuk jual emasnya langsung ke ANTAM.

Sebelum pergi, saya sempet browsing soal tata cara penjualan emas. Referensi dari beberapa artikel bilang, pembelian dan penjualan bisa dilakukan di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia ANTAM Pulogadung. Rasanya langsung pingin selimutan trus tidur lagi. Ngebayangin Pulogadung jauhnya ampunnn…

Trus, ada tulisan lagi yang bilang kalo di ANTAM TB Simatupang udah ada Butik Emas, bisa jual beli di sana, tapi harganya ga sebagus di Pulogadung. Saya pikir, ya udahlah datang ke yang deket aja, daripada jauh-jauh ke Pulogadung trus pulangnya harus jajan cendol, jajan bakso, jajan tongseng karena kecapean. Malah buntung nanti. (cat: belakangan saya baru tau kalau ga ada perbedaan harga antara butik emas dan unit pengolahan di Pulogadung).
Butik Antam
Kemarin jadi yang pertama kali buat saya masuk ke Gedung ANTAM. Pas masuk mirip-mirip kantor biasa, ga terlalu banyak pengamanan juga. Di depan ada 2 satpam dan di pintu masuk butik ada satu lagi.

Butiknya ga terlalu besar, ada beberapa sofa untuk nunggu giliran. Oh iya pas masuk itu nanti dikasi nomor antrian, kalau nomornya dipanggil baru deh menghadap mbak-mbak di kasir. Nanti di kasir mbaknya akan tanya keperluan, apakah membeli atau menjual. Kalau menjual, emasnya dilihat dulu sama mereka, lalu kita diminta masuk ke ruang pemeriksaan.
 
Bukan orangnya yang diperiksa, tapi emas dan sertifikatnya. Periksa emasnya dengan timbangan dan cek sertifikatnya dengan alat khusus yang ngeluarin cahaya. Alatnya sama dengan alat buat cek uang asli/palsu. Kalau asli, nanti ada cahaya dan garis biru yang terbaca mesin.

Mbak di ruang periksa kemarin bilang, emas tanpa sertifikat tetap diterima di Butik Antam, cuma kena biaya potong Rp 5000/gr. Sertifikat palsu ini katanya lumayan banyak kasusnya, kebanyakan kejadiannya ke pelanggan yang beli emas di toko emas. Emasnya asli, sertifikatnya nggak.

Proses periksanya cepet, sat set sat set, selesai. Kalau udah selesai dari ruang periksa, balik lagi ke kasir untuk proses selanjutnya. Di kasir, nanti diminta KTP + NPWP. Lalu untuk pembayarannya hanya tersedia dengan transfer, prosesnya makan waktu 2-5 hari kerja.
Harga emas per 2 Februari 2018. Tidak ada perbedaan harga antara unit di Pulogadung dan di Butik Emas.

Bukti jual emas, uang ditransfer ke rekening
Lanjut soal harganya, kemarin sih pas jual harganya lagi bagus, harga emas Rp640.000/gr. Tapi untuk penjualan kembali harganya ga setinggi itu, cuma Rp570.000/gr untuk emas di bawah 18gr dan Rp578.000 untuk emas di atas 18gr. Harganya beda karena pelanggan yang jual emas di atas 18gr udah kena potongan pajak 1,5persen.

Ada untungnya ga nyimpen emas sekian lama?

Ada sih, tapi ga gitu banyak
April 2012 lalu saya belinya Rp25.475.000
Februari 2018 saya jual Rp28.467.000

Kalau dihitung totalnya ada pertambahan nilai Rp2.992.000.
Kelihatan besar, ya? Tapi kalau dibagi ke gram, lumayan kecil. Sepanjang enam tahun disimpan, per gram emas naik harganya Rp59.840. Jika dibagi lagi kenaikannya cuma Rp9.973/gram/tahun.

Saya merasa kenaikan harganya ga setimpal dengan deg-degan nyimpen barangnya, sih. Sementara ini kayanya akan melewatkan investasi dengan logam mulia, pilih instrumen lain aja yang lebih kelihatan, misalnya reksadana atau deposito.

Oh iya, ini penting, kemarin waktu ke sana saya cuma menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Cepet yaaa. Butiknya buka mulai pukul 9.00-16.00 sore. Kalau mau ke sini, coba pilih waktu di bawah jam 12 siang, kata petugas butiknya baru mulai ramai di atas jam 12.

Semoga infonya bermanfaat!

PS: Pernah dengar omongan kalo uang tunai tuh susah dipegang? Yes, yes, yes, duitnya langsung kepake buat bayar cicilan dan uang sekolah! Hahahaha… [@rere]

Seperti yang dikisahkan di link atemalem.com

Sabtu, 12 Oktober 2019

MENU LEZAT BALADO

BALADO TELUR
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan :
4 butir telur ayam rebus.

Bumbu ulek kasar :
-5 cabai merah.
-4 bawang merah.
-3 bawang putih.
-*boleh tambah tomat, boleh tidak.
-Gula pasir.
-Garam/Royco.

Cara Membuat:
1. Kupas perlahan telur yg sudah direbus.
2. ‎Goreng telur dengan minyak panas (kalo belum panas jangan dimasukkan dulu nanti telur bentol2, liat pict ke 3 telur gorengnya lumayan mulus.
3. Tumis bumbu ulek tadi dengan sedikit minyak goreng sampai harum.
4. Masukkan telur goreng dan masak sebentar hingga bumbu rata semua.
5. Angkat dan sajikan [
@seto_beri]




AYAM GORENG BALADO
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan :
-1 ekor ayam, potong kecil tanpa kulit (paling enak ayam pejantan/ ayam biasa ukuran kecil).
-2 sdt garam.
-Air secukupnya sampai ayam setengah terendam.

Ungkep dgn bumbu ungkep:
-5 siung bawang merah.
-5 siung bawang putih.
-3 cm jahe.
-3 cm lengkuas.
-2 cm kunyit.

Bahan Balado :
-4siung bawang merah, iris.
-1bh tomat, iris.
-2btg daun bawang, iris.
-20bh cabe merah, giling kasar.
-Garam.
-Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat:
1. Bersihkan ayam buang kulitnya lalu potong 10 bagian atau sesuai selera. Ungkep ayam dengan bumbu ungkep yang sudah dihaluskan tambahkan garam dan air secukupnya sampai empuk. Tiriskan.
Goreng ayam hingga kecoklatan. Tiriskan.

2. Tumis bawang merah hingga wangi. Masukkan irisan tomat dan daun bawang tumis hingga layu. Lalu masukkan Cabe giling beri garam secukupnya. Masak dengan api kecil sampai matang. Koreksi rasa. Campur dengan ayam yang sudah digoreng. Sajikan. [@icha.irawan]

MENDAMBAKAN ULAMA PEWARIS NABI

Ulama adalah pewaris para nabi. Merekalah yang mewarisi tugas para Nabi dan Rasul dalam menyampaikan dakwah dan melakukan amar ma’ruf nahi mungkar. Di hadapan penguasa, Ulama adalah barisan terdepan yang mengontrol, menjaga, memberikan kritik dan nasehat agar penguasa senantiasa menjalankan syariah-Nya. Ulama juga tempat bertanya penguasa dalam ragam kebijakan menyangkut urusan pemerintahan, politik, sosial, ekonomi, pendidikan, dll. Di tengah-tengah umat, Ulama bagaikan lentera yang bersinar terang, membimbing dan menunjukkan jalan yang benar. Apabila ulama terbenam, maka jalan akan kabur. Ulama adalah lambang harapan & cita-cita umat. Allah menjamin Islam akan tetap abadi hingga akhir zaman, tapi Allah tidak menjamin Islam akan tegak di kampung, daerah, dan negeri kita tanpa kita perjuangkan eksistensinya bersama-sama dengan para Ulama. 
Hasil gambar untuk Ulama pewaris nabi
Karena itu, peran ulama pada aturan yang akan diterapkan penguasa adalah sebuah keniscayaan. Politik adalah pengaturan rakyat yang tidak akan pernah terpisah dengan misi dan visi sosok ulama. Rusaknya moral para birokrat, bergesernya haluan politik pada sekedar hanya untuk meraih kekuasaan, “lugu”-nya masyarakat menilai kebijakan politik dan intervensi asing terhadap negara, boleh jadi diantaranya karena peran ulama dipinggirkan. Tak jarang diantara masyarakat yang menilai bahwa politik itu “kotor” dan agama itu “suci”, maka agama harus dijauhkan dari aktivitas politik. Penilaian seperti itu tidak sepenuhnya salah, artinya tergantung dari mabda (ideologi) politik tersebut. Kalau mabdanya adalah Kapitalisme atau Sosialisme, maka agama harus dijauhkan dari politik. Kecuali peran agama adalah “melawan” mabda kufur tersebut. Tapi kalau mabdanya adalah Islam itu sendiri, maka politik tak terpisahkan dalam kehidupan beragama. Kebutuhan penguasa saat ini pada ulama hanya sebatas rutinitas ritual ibadah atau sekedar “seremonial” belaka. Bahkan ulama diminta mengikuti arahan dan tekanan penguasa dalam “menghalalkan” setiap kebijakan yang akan diterapkan penguasa pada rakyat, dan bukan sebaliknya . Ada jarak yang lebar antara penguasa dan Ulama dalam kontrol politik. Inilah buah daripada sekulerisme (pemisahan agama dengan kehidupan ).

Peran ulama dalam aktivitas politik menurut syariat (sistem) Islam setidaknya dalam beberapa hal berikut :

1. Menjaga kejernihan pemikiran masyarakat.
Bencana paling mengenaskan abad ini bagi umat Islam adalah kemerosotan berpikir. Semua ini berawal dari dijauhkannya umat dari permata mereka al-Quran dan as-Sunnah, sebagai standar berpikir umat. Kelemahan ini menjadikan masyarakat bertindak pragmatis. Ulama adalah sosok yang paling strategis untuk meningkatkan taraf berpikir umat. Caranya adalah dengan senantiasa mengaitkan tiap persoalan yang terjadi dengan nilai dan standarisasi Islam. Saat ditengah-tengah umat berkembang paham dan pemikiran kufur, ulama harus mengkaji faktanya, lalu menjelaskan secara jernih kerusakan paham dan pemikiran tersebut. Apa yang dilakukan MUI dulu dengan 11 (sebelas) fatwanya pada Munas ke-IV, yang membahas tentang haramnya sekulerisme,pluralisme, liberalisme (sepilis) kiranya tepat untuk dijadikan contoh upaya ulama menjaga kejernihan pemikiran masyarakat. Disamping itu, ulama senantiasa menjaga umat untuk tidak terkotak-kotak dalam fitnah ashobiyah (golonganisasi) yang melemahkan ukhuwah Islamiyah.

2. Membangun kesadaran politik masyarakat.
Setiap peristiwa di masyarakat tidak selalu murni alami tanpa rekayasa. Sebagian peristiwa bahkan by design oleh kelompok tertentu untuk tujuan politik tertentu. Situasi politik lokal, regional, dan internasional terjadi hakikatnya mengikuti mainstream dari sebuah kebijakan poltik. Umat tidak boleh terfokus bahkan terpengaruh oleh sebuah informasi dari berbagai media baik cetak maupun elektronik, sebelum membandingkannya dengan yang lain yang lebih valid dan Islami. Tetap kritis dan jangan mudah terprovokasi. Umat harus pandai membaca situasi, mengamati dan memahami semua kejadian tersebut dari sudut pandang Islam semata. Umat juga harus menyadari bahwa kemuliaan dan keagungan Islam membuat musuh-musuh Islam merasa iri dan dengki. Tiap musuh-musuh Islam berupaya menguasai berbagai media dan mengaburkan bahkan memelintir setiap informasi dan berita yang dinilai cenderung membawa nama Islam. Inilah yang disebut dengan kesadaran poltik Islam.

3. Melakukan perang pemikiran (ash-shira’ul fikri).
Kebenaran adalah lawan kebatilan. Saat ini, perang pemikiran yang terjadi bukan hanya antara kaum Muslim dan orientalis barat yang memang kafir. Kita juga berhadapan dengan putra-putri kaum Muslim yang pola pikirnya bahkan lebih “Barat” daripada orang-orang Barat sendiri. Ulama harus mempelajari kesesatan musuh-musuh Islam, termasuk aliran-aliran sesat seperti ahmadiyah dan kemunafikan kaum liberal. Sebab mereka juga melakukan hal yang sama untuk menistakan keagungan syariat Islam. Sekali lagi, jangan sampai paham dan pemikiran mereka meracuni umat Islam. Salah satu penyebab runtuhnya Daulah Khilafah Islamiyah yang menguasai sepertiga dunia. Dan telah “menyinari” dunia selama 13 abad lamanya, adalah karena umat telah terpengaruh paham dan pemikiran kufur dan meninggalkan aktivitas dakwah dan jihad. Umat waktu itu baru menyadari setelah ‘benteng Islam” diruntuhkan, berbagai bencana sosial yang direncanakan sistematis menimpa umat Islam. Persis seperti “hidangan di meja makan” yang diserbu dari segala penjuru.

4. Melakukan kontrol terhadap penguasa (muhasabah lil-hukkam).
Inilah aktifitas pokok ulama. Termasuk berusaha membongkar konspirasi asing yang berusaha merongrong kedaulatan Negara. Juga konspirasi penguasa yang menistakan rakyat dengan berbagai kebijakan yang tidak berpihak pada rakyat itu sendiri. Dihadapan penguasalah reputasi sosok Ulama dipertaruhkan. Kewajiban amar ma’ruf dan nahi mungkar harus lebih ditekankan pada penguasa, karena ditangan penguasalah kemaslahatan rakyat “dipertaruhkan.”

Rasulullah SAW bersabda:
“Hendaklah kalian menyuruh kebaikan & mencegah kemungkaran. Hendaklah kalian melarang penguasa berbuat dzalim dengan menyatakan kebenaran dihadapannya. Janganlah kalian menutup-nutup kebenaran itu…..” (HR Abu Dawud & at-Tirmidzi)

“Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kebenaran di hadapan penguasa dzalim.” (HR at-Tirmidzi & an-Nasa’i)

5. Memberikan solusi terhadap berbagai persoalan masyarakat.
Islam adalah serangkaian aturan hidup yang berfungsi sebagai solusi atas berbagai persoalan. Solusi-solusi tersebut terangkai dalam suatu sistem hukum. Ulama adalah yang paling kredibel dalam menjelaskan semua itu. Persoalan kebobrokan moral, lemahnya kualitas ubudiyah baik individu maupun masyarakat, pengangguran yang kian bertambah, kemiskinan yang tersistemisasi, kesehatan dan pendidikan yang terus di komersialisasi, korupsi yang makin meningkat, melonjaknya harga pangan dll perlu solusi Islam yang harus dijelaskan oleh ulama secara komprehensif. Lebih dari itu, bencana alam yang menimpa negara baik didarat dan laut harus mengingatkan kita akan segala kemaksiatan global yang dilakukan bangsa ini. Masyarakat dan penguasa negeri ini harus benar-benar disadarkan oleh para ulama bahwa semua itu merupakan momen agar mereka segera bertobat dan kembali pada aturan Allah, kembali pada syariah-Nya.

6. Menggerakkan masyarakat untuk berjihad & melakukan perubahan yang lebih baik.
Jihad adalah tulang punggung kehidupan umat. Jihad harus terus berlangsung hingga hari kiamat, baik ada pemimpin Islam (Khalifah) maupun tidak. Di negeri-negeri yang nyata-nyata terjadi benturan fisik antara kaum Muslim dan pihak kafir seperti di Palestina, Suriah, Myanmar, Xinjiang dll para Ulama harus mengobarkan semangat jihad fi sabilillah. Fisik harus dilawan fisik, bukan sekedar kecaman dengan mulut, Apalagi dengan diam seperti yang dilakukan Negara-negara Arab sekuler akhir-akhir ini. Dalam hal ini, para Ulama tak usah terpengaruh oleh statement hingga aturan rezim penguasa sekuler yang cenderung abai pada kedzaliman yang menimpa umat Islam.
Di negeri-negeri Islam yang tidak terjadi kontak fisik (senjata) seperti di Indonesia. Yang mesti dilakukan ulama adalah memimpin masyarakat untuk melakukan perubahan dengan dakwah bil hikmah, maw’izhatul hasanah, billati hiya ahsan. Ulama bersama-sama dengan umat wajib berjuang untuk terus melakukan perubahan pemikiran dan perasaan masyarakat secara keseluruhan. Berupaya secara optimal penuh kesabaran agar syariah Islam diterapkan secara sistemik dalam negara. Terhadap non-Muslim perlu diberikan kesadaran bahwa keagungan syariat Islam pada ranah publik bersifat universal untuk kemaslahatan mereka juga. Bukan malah dianggap sebagai ancaman terhadap keutuhan negara. Semua itu dilakukan dengan terbuka & sedikitpun tanpa kekerasan. Semua hal tersebut seperti contoh dari Rasulullah SAW seperti yang terangkum dalam metode dakwah beliau.

Untaian hikmah seputar topik.

 Hasil gambar untuk Ulama pewaris nabi
 Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa saja yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu. Allah memperjalankannya diatas salah satu jalan surga. Sesungguhya para malaikat meletakkan sayap mereka karena ridla pada para penuntut ilmu. Sesungguhnya seorang alim itu dimintakan ampunan oleh makhluk yang ada di langit & di bumi hingga ikan yang di dasar lautan. Sesungguhnya keutamaan seorang alim atas seorang aabid (ahli ibadah) sperti keutamaan bulan purnama atas bintang-bintang. Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar & dirham, melainkan ilmu. Karena itu siapa yang mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang besar.” (HR Abu Dawud, at- Tirmidzi, Ahmad, ad-Darimi, al-Hakim, al-Baihaqi & Ibn Hibban)

“Kebinasaan bagi umatku (datang dari ulama) su’, mereka menjadikan ilmu sebagai barabg dagangan yang mereka jual kepada para penguasa masa mereka untuk mendapatkan keuntungan bagi diri mereka sendiri. Allah tidak akan memberikan keuntungan dalam perniagaan mereka itu.” (HR al-Hakim)

“Ulama adalah kepercayaan para rasul selama mereka tidak bergaul (mesra dalam hak & batil)dengan penguasa & tidak asyik dengan dunia. Jika mereka bergaul dengan penguasa & asyik dengan dunia maka mereka telah mengkhianati para rasul. Karena itu, jauhi mereka”. (HR al-Hakim)

“Ingatlah, sejelek-jelek keburukan adalah keburukan ulama & sebaik-baik kebaikan adalah kebaikan ulama.” (HR ad-Darimi)

Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumuddin menuturkan:
“Dulu diantara tradisi para ulama adalah mengoreksi & mengawal penguasa untuk menerapkan hukum Allah. Mereka mengikhlaskan niat & pernyataan mereka membekas di hati. Sebaliknya sekarang, terdapat penguasa yang tamak, namun ulama hanya diam. Andai mereka berbicara, pernyataanya berbeda dengan perbuatannya sehingga tidak mencapai keberhasilan. Kerusakan masyarakat itu adalah akibat kerusakan penguasa & kerusakan penguasa itu adalah akibat kerusakan ulama. Kerusakan ulama adalah akibat digenggam cinta harta & jabatan. Siapa saja yang digenggam oleh cinta dunia, niscaya dia tidak mampu menguasai “kerikilnya”, bagaimana lagi dapat mengingatkan penguasa & para pembesar.”

Dari penjelasan diatas bisa kita ambil sikap, bahwa umat Islam wajib mengikuti Ulama. Yaitu Ulama haq yang memang lurus dijalan Allah, walau panah-panah penguasa musuh Allah mengarah pada sang Ulama. Bukan Ulama su' (penipu umat) dan penjilat penguasa kufur. yang harus kita ikuti. Sebab mereka akan merusak jalan kehambaan kita dihadapan Allah SWT. [irawan]

Minggu, 06 Oktober 2019

ANEKA SATE LEZAT

1. SATE AYAM MADURA
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan Utama :
• 300 gram dada ayam fillet.
• 100 gram kulit ayam (optional).
• Minyak goreng secukupnya.
• Air secukupnya.

Bahan Rendaman :
• perasan jeruk nipis 1/2 buah.
• 3 butir bawang putih *dihaluskan.
• 1/2 sdt merica bubuk.

Bumbu Sambal Kacang:
• 150 gram kacang goreng.
• 2 butir bawang putih.
• 5 butir bawang merah.
• 3 butir kemiri.
• 1 buah cabe merah besar.
• 2 sdm Gula merah sisir.
• 3 lembar daun jeruk *buang tulangnya.
• 1/2 sdt garam.
• 1/2 sdt kaldu bubuk.
• 2 sdm kecap manis.

Bumbu Olesan Sate :
• 1 sdm mentega.
• 3 sdm sambal kacang.
• 3 sdm kecap manis.

Bahan Pelengkap Sate :
• Acar bawang/cabe/timun.
• Bawang Goreng.
• Jeruk Limau (airnya).
• Lontong/Nasi.

STEP
• Cuci dada ayam dan kulitnya dengan air mengalir. Tiriskan lalu potong dadu.Tambahkan bumbu rendaman. Aduk merata. Diamkan sekitar 1 jam dalam kulkas.
• Haluskan semua bahan sambal kacang. Tumis dengan minyak. Tambahkan air. Masak hingga bumbu mengental dan mengeluarkan minyak (sambil diaduk sesekali). Test dan koreksi rasa. Angkat dan sisihkan.
• Tusukkan potongan dada ayam dan kulitnya pada tusuk sate. Lakukan hingga bahan habis.
• Olesi sate dengan bahan olesan. Diamkan sekitar 5-10 menit.
• Bakar sate sambil terus dibolak balik biar matang merata.
• Susun sate diatas piring saji lalu kucuri dengan sambal kacang dan kecap manis.
• Sate siap disantap dengan bahan pelengkap lainnya.[@yzmalicious]



2. SATE AYAM MANIS
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan:
500 gr Dada ayam, iris panjang.

Bumbu halus:
-8 butir Bawang merah.
-5 siung Bawang putih.
-Seruas Laos.
-1 sdm Ketumbar.
-3 butir Kemiri.
-Secukupnya Gula merah, iris halus.
-2 sdm Madu.
-Kecap manis, kaldu jamur, garam, merica, gula pasir (secukupnya saja kalo dirasa asin manisnya sudah pas, tapi rasa cenderung ke manis yah).

Bumbu oles:
Margarin, kecap manis (campur jadi satu).

Cara Membuat :
1. Haluskan semua bumbu.
2. Campur bumbu halus ke irisan ayam, biarkan meresap minimal 15 menit atau bole didiamkan semalaman dikulkas biar tambah meresap bumbunya (jadi bikinnya dr malem besok baru ditusuk2 dan bakar).
3. Cuci dulu lidi sate, tusuk daging ayam dengan tusuk sate, lalu bakar sambil dioles2 campuran margarin dan kecap manis dan bolak balik satenya, sampai matangnya merata.[@debbie_ariesthea]



3. SATE DAGING MANIS

Bahan :
-500 gram daging sapi bag. Has dalam,, bersihkan lalu potong tipis memanjang
Hasil gambar untuk madras curry powder-Tusukan sate, rendam air sebentar


Bumbu Marinasi (aduk rata campur jadi 1) : 
-1 sdt Madras Curry Powder.
-1 sdt Meat Curry Powder.
-6 butir bawang merah, haluskan.
-2 siung bawang putih, haluskan.
-1 sdm ketumbar sangrai, haluskan.
-2 butir kemiri, haluskan.
-1 sdm saus tiram.
-1 sdm kecap manis.
-3 sdm gula merah yg sdh dihaluskan .
Hasil gambar untuk Meat Curry Powder-Bumbu oles (campur jadi satu, aduk rata):
-4 sdm Kecap manis.
-1 sdm margarin.

Cara Membuat:
Setelah di marinasi semalaman, tusuk daging dengan tusukan sate.
Bakar sate diatas alat pemanggang, atau bisa diatas teflon ..sambil diolesi bumbu oles, bolak balik sate..panggang hingga matang. Angkat dan sajikan dengan sambal kecap dan taburan bawang goreng

SAMBAL KECAP(campur jadi satu):
-1/2 buah tomat, potong2
-8 buah cabe rawit ijo+merah , potong2
-2 bawang merah, iris
-Kecap manis secukupnya
[@eunice_euston]



4. SATE PADANG PARIAMAN
Gambar mungkin berisi: makanan 


Bahan :
-500 gr Daging Lulur Dalam.
-2 Lembar Daun Jeruk.
-2 Batang Serai ambil bagian putihnya, memarkan.
-1 Ruas Jari Lengkuas, memarkan.
-Garam, gula sesuai selera.
-800 ml Air.
-1 sdm Tepung Beras, larutkan dengan sedikit air.

Bumbu Halus :
-4 Siung Bawang Putih.
-5 Butir Bawang Merah.
-4 Buah Cabai Merah Besar.
-2 Ruas Jari Kunyit.
-1 Ruas Jari Jahe.
-1 sdt Ketumbar Halus.
-1/2 sdt Jinten Bubuk.
-1/2 sdt Kapulaga Bubuk.

Pelengkap :
Bawang Goreng.

Cara Membuat :
1. Masak daging dengan air secukupnya sampai daging berubah warna dan 1/2 matang. Angkat lalu potong-potong sesuai selera.
2. Haluskan semua bumbu halus pakai blender tambahkan sedikit air supaya blender bisa jalan, boleh juga diuleg.
3. Panaskan sedikit minyak goreng, masukkan bumbu halus tambahkan daun jeruk, serai dan lengkuas. Tumis hingga harum kemudian masukkan daging yang sudah dipotong-potong, aduk rata.
4. Tambahkan air sekitar 800 ml, tambahkan garam dan gula hingga rasanya pas. Masak hingga daging empuk, matang dan bumbu meresap.
5. Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan. Kemudian masukkan larutan tepung beras ke dalam kuah daging, aduk rata hingga kuah mengental. Angkat.
6. Tusuk potongan daging dengan tusukan sate sampai habis. Kemudian bakar sate diatas bara api sebentar saja.
7. Sajikan sate padang dengan disiram kuahnya, taburi dengan bawang goreng.
[@tyasprabowo]



5. SATE SAPI MANIS
Gambar mungkin berisi: orang duduk dan makanan
Bahan:
-500 gr daging sapi.
-100 gr lemak sapi.
-2 lembar daun pepaya.

Bumbu perendam:
-3 siung bawang putih.
-1 ruas jahe.
-2 butir kemiri.
-Secukupnya Garam.
-3 sdm kecap manis.

Bumbu kacang:
-100 gr kacang tanah.
-5 siung bawang merah.
-3 siung bawang putih.
-2 bh cabe merah, buang bijinya.
-3 butir kemiri.
-1 sdm gula merah sisir.
-Secukupnya Garam dan kaldu bubuk.
-3 sdm kecap manis.

Cara Membuat:
1. Potong-potong daging dan lemak sapi sesuai selera. Letakkan di atas daun pepaya yang sudah diremas-remas. Lalu tutup lagi dengan daun pepaya. Diamkan selama 1 jam. Kemudian tusuk dengan tusuk sate, berselang-seling daging dan lemak.

2. Haluskan bawang putih, jahe, dan kemiri. Tambahkan garam dan kecap manis. Aduk hingga rata. Olesi sate dengan bumbu perendam hingga rata. Diamkan 30 menit. Lalu bakar hingga matang.

3. Goreng kacang tanah hingga matang keemasan. Goreng juga bawang merah, bawang putih, cabe merah dan kemiri. Dinginkan. Haluskan kacang tanah goreng, gula merah, dan bumbunya.

4. Panaskan minyak, masukkan bumbu kacang halus. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk dan kecap manis. Aduk rata. Masak hingga matang dan mengental. Jangan lupa tes rasa. Bisa diencerkan dengan sedikit air matang ketika akan disajikan.

Sajikan hangat dengan bumbu kacang, acar timun, bawang merah mentah, irisan timun, tomat, dan kol. [@mama_syifa_hana]