Jumat, 23 Agustus 2019

YUUK !!..HEMAT LISTRIK DAN BBM MULAI SEKARANG

    Mengapa kita harus hemat energi? Coba bayangkan, semakin hari populasi manusia di bumi semakin meningkat, hal ini berpengaruh pada meningkatnya penggunaan energi untuk kegiatan sehari-hari, belum lagi semakin pesatnya pertumbuhan industri yang menyerap sejumlah besar stok energi kita. Jika kita tidak mulai menghemat, yang akan paling merasakan dampaknya adalah anak cucu kita nantinya. Tanpa listrik misalnya, bisakah kita hidup nyaman meskipun hanya satu hari saja? Sedangkan mulai dari pompa air, lampu, ricecooker, kompor, sampai untuk telekomunikasi memerlukan listrik untuk dapat menunjang hidup kita sehari-hari, repot sekali bukan?
    Menghemat energi bukan hanya soal menghemat anggaran listrik atau bbm, ada beberapa orang yang berangggapan bahwa kenapa saya harus menghemat listrik jika saya sanggup membayarnya? Hal demikianlah yang membuat bumi kita semakin hancur, jika setiap orang bersikap konsumtif tanpa memikirkan bagaimana cara memperbaharui sumber daya energi kita secara berkelanjutan. Mungkin kita dapat membayar tagihan listrik berapapun jumlahnya, atau mungkin kita dapat membeli bbm berliter-liter untuk konsumsi mobil/motor kita, tapi dapatkah kita membeli waktu? Kenapa waktu? Ya, karena setiap tetes minyak (bbm) yang kita pakai merupakan hasil dari proses alam selama kurang lebih 150 tahun lamanya. Penjelasan singkatnya, minyak bumi terbentuk oleh jasad renik lautan, tumbuhan dan hewan yang mati dan mengendap di dasar lautan yang tertutup oleh lumpur dan berubah menjadi bebatuan karena pengaruh suhu lapisan diatasnya. Karena pengaruh suhu dan bekteri anaerob yang menguraikan sisa-sisa jasad renik tersebut, maka terbentuklah minyak bumi dan gas. 
 
    Dari penjelasan sekilas diatas, kita dapat membayangkan jika sumber-sumber energi terus kita kuras tanpa memikirkan bagaimana kelanjutannya, maka kita sama saja tidak memikirkan bagaimana keberlangsungan hidup generasi kita selanjutnya. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat energi kita? Berikut adalah langkah-langkah kecil yang akan membawa dampak besar jika setiap orang komitmen untuk melakukannya secara konsisten.



           Menghemat bbm dengan cara:
  • Menggunakan angkutan umum, selain anda menghemat bbm untuk mobil atau motor anda, anda juga berkontribusi mengurangi kemacetan.
  • Jika anda menggunakan mobil pribadi, hindarilah jam-jam macet, karena jika anda berkendara dalam kondisi macet maka akan memperbesar konsumsi bbm.
  • Jika memungkinkan, saat pergi keluar rumah yang jaraknya tidak terlalu jauh, gunakan sepeda atau berjalan kaki, selain sehat anda juga mengurangi populasi udara karena emisi gas. 
        Menghemat listrik dengan cara:
  •  Matikan peralatan listrik yang tidak perlu, seperti mematikan televisi jika kita sudah mengantuk, mematikan lampu saat kita tidur, atau mematikan ac sudah tidak digunakan.
  • Saat membuat rumah, buatlah pencahayaan yang cukup dengan jendela-jendela, jadi dapat mengurangi penggunaan listrik untuk lampu di siang hari.
  •  Belilah peralatan elektronik yang hemat listrik.
  • Gunakanlah tandon air untuk menampung kebutuhan air sehari-hari sehingga kita tidak perlu menyalakan pompa air setiap memerlukan air.
  • Buatlah jadwal kegiatan yang berkaitan dengan alat-alat elektronik, misalnya menyetrika dan mencuci baju menggunakan mesin cuci. Karena jika kita mengerjakan dengan cara mencicil maka akan semakin besar pula konsumsi listriknya.
  • Jika kita memasak menggunakan rice coocker, maka sebaiknya kita memasak dalam jumlah yang banyak sekalian, disesuaikan dengan kebutuhan makan harian kita, usahakan maksimal masak 1 kali sehari.
  • Sebaiknya gunakan termos air jika ingin menyipan air agar tetap dalam kondisi panas, penggunaan dispenser untuk memasak air membuat kita boros listrik.
  • Pasanglah timer untuk mematikan ac secara otomatis, sehingga ac sudah mati saat suhu udara mulai dingin dipagi hari.
  • Atur suhu AC sesuai kebutuhan (sebaiknya tidak lebih dingin 5 derajat dari suhu luar), karena semakin dingin suhu semakin banyak energi listrik yang diperlukan.
  • Jangan meninggalkan peralatan elektronik dalam keadaan standby karena tetap menyedot listrik.
  • Bersihkanlah peralatan elektronik anda secara teratur, karena jika peralatan tersebut kotor makan anak mengakibatkankerja mesin semakin berat sehingga penggunaan listrikpun semakin banyak.
  • Selain itu, buatlah perencanaan dan anggaran maksimal berapa Kilo Watt batas maksimal penggunaan listrik anda perbulan, atau bahkan per hari, jika kita konsisten melakukan ini, kita akan dapat menghemat energi dan menghemat tagihan listrik!
Itulah beberapa hal kecil yang dapat kita lakukan, dan untuk jangka panjangnya kita dapat melakukan penelitian untuk menemukan sumber daya pengganti minyak atau listrik. Di beberapa Negara seperti Jerman dan Jepang telah diterapkan energi alternatif untuk menggantikan listrik dan minyak bumi. So, kapan kita akan memulai? Mari kita mulai dengan hal-hal kecil disekitar kita, saat ini, dan jangan menunda!.

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan baik dan bijaksana
Dilarang membuat spam di blog ini
Mohon maaf bila ada komentar yang belum dijawab/dibalas