Sabtu, 19 Oktober 2019

5 MANFAAT BUAH SEMANGKA

Gambar mungkin berisi: teks dan makananGambar mungkin berisi: makananGambar mungkin berisi: makanan dan luar ruanganGambar mungkin berisi: makananGambar mungkin berisi: makananGambar mungkin berisi: makanan

TIPS KESEHATAN BUAT PEROKOK

Keterangan foto tidak tersedia.Keterangan foto tidak tersedia.
Keterangan foto tidak tersedia.Keterangan foto tidak tersedia.
Keterangan foto tidak tersedia.Keterangan foto tidak tersedia.

HADLARAH & MADANIYAH: CARA PRAKTIS MEMBANTU MENENTUKAN HALAL-HARAM SUATU BENDA

Hasil gambar untuk hadharah dan madaniyah


Facebook itu kan buatan orang kafir, halal atau haram ya kalau kita main facebook? Jangankan facebook deh, laptop sama smartphone saja juga buatan orang kafir kan? Boleh tidak dipakai? Disisi lain sampai ada yang bisnisnya berkaitan dengan teknologi, dan ada pula yang sampai-sampai dakwahnya berkaitan pula dengan teknologi karya orang kafir begitu. Jangan-jangan nanti jadi bid'ah lagi?...

Inilah keadaan orang-orang sekarang. Inilah salah satu motivasi besar kita, kenapa harus terjun ke aktivitas dakwah guna mencerdaskan orang-orang. Karena banyak dari kita sekarang, tidak bisa menentukan sesuatu itu halal atau haram. Khususnya, dalam menghadapi persoalan modern zaman sekarang.

Nah, berikut ini, saya akan coba paparkan konsep tentang Hadharah dan Madaniyah. Yang mana dengan konsep ini, insya Allah bisa memudahkan Anda untuk menentukan mana yang boleh dipakai, dan mana yang nggak boleh.

Defenisi Hadharah dan Madaniyah

Biar enak menjelaskan bagaimana cara menggunakan konsep hadharah dan madaniyah untuk menentukan hukum suatu benda, kita berangkat dari defenisi dulu, apa itu hadharah, dan apa itu madaniyah.

Hadharah

Hadharah itu bisa juga artinya: pemahaman. Yang, pemahaman itu ada kaitannya dengan agama-agama tertentu. Juga, ada kaitannya dengan ideologi-ideologi tertentu. Adapun maksud pemahaman disitu adalah, cara pandang tentang kehidupan. Begitu secara istilah. Kalau secara kata, hadharah itu artinya: peradaban.

Contoh. Kan ada agama Islam, ada agama Kristen, dan agama lain-lain. Nah, masing-masing agama, pasti memandang sesuatu itu berbeda-beda. Misal, kalau di dalam Islam babi itu haram, sedangkan di agama lain babi itu halal. Nah, pamahaman terhadap babi, itulah namanya hadharah.


Contoh lain. Terkait hutang piutang. Dalam agama Islam, kalau kita berhutang 10 ribu dari orang, berarti besok harus bayarnya 10 ribu juga ke orang itu. Tidak boleh si pemberi hutang minta dua kali lipat, karena kita kelamaan membayar. Misal, gara-gara kita kelamaan membayar, dikenakan bunga jadi kita dipaksa harus bayar 12 ribu. Nah, itu tidak boleh dalam Islam! Itu namanya riba! Haram! Tapi, dalam kapitalisme, itu boleh. Malah, wajib. Nah, persepsi yang berbeda terhadap hutang-piutang, itulah namanya hadharah.

Jadi:
Sekumpulan pemahaman dalam Islam, itu namanya Hadharah Islam.
Sekumpulan pemahaman dalam Kristen, itu namanya Hadharah Kristen.
Sekumpulan pemahaman dalam Budha, itu namanya Hadharah Budha.
Sekumpulan pemahaman dalam Sekulerisme, itu namanya Hadharah Sekuler.
Sekumpulan pemahaman dalam Atheisme, itu namanya Hadharah Atheis.
Sekumpulan pemahaman dalam Pluralisme, itu namanya Hadharah Pluralisme.
Sekumpulan pemahaman dalam Kapitalisme, itu namanya Hadharah Kapitalisme.
Dan lain-lain, masih banyak lagi.
Tentunya, kita hanya boleh mengambil hadharah Islam. Karena hadharah Islam itu datangnya dari Allah, dan RasulNya. Sedangkan hadharah lain, itu mutlak buatan manusia yang dipengaruhi oleh nafsu dan juga bersumber dari akal yang sifatnya nisbi. Maka, tentu lebih baik mengambil ide yang diberi oleh Yang Menciptakan semesta Yang Paling Tahu yang terbaik bagi ciptaan-Nya.

Madaniyah

Kalau madaniyah itu, artinya benda. Benda, yang bisa kita indera. Bisa kita lihat, kita pegang, kita hirup, kita denger, dan kita jilat. Bentuk fisiknya ada. Contohnya? Yah apa saja yang ada di sekeliling Anda. Handphone, itu madaniyah. Baju, itu madaniyah. Buku, itu madaniyah. Yah, pokoknya, benda fisik yang bisa diindera, itu namanya madaniyah.

Naah, tapi, madaniyah itu terbagi lagi menjadi 2. Yaitu, ada madaniyah amm (umum), dan ada madaniyah khas (khusus). Bedanya?
Kalau madaniyah amm, itu yah benda normal yang biasa aja. Seperti yang tadi dicontohkan, seperti ayam goreng, baju, laptop, dan sebagainya.
Sedangkan madaniyah khas, itu terdapat hadharah non-Islam. Contoh: kalung salib, patung Budha, topi kerucut tahun baru dan ulang tahun, dan sebagainya. Itulah benda-benda yang justifikasinya haram.

Kalau sudah paham ini, insya Allah, jadinya kita bisa membedakan mana benda yang haram dan halal. Tidak seperti halnya orang Indonesia dulu ketika dijajah Belanda. Saat itu, karena sebagian "orang berada" diberikan pakaian rapi, termasuk dasi, kemudian dasi itu dikatakan sebagai benda yang haram. Padahal, tidak. Karena dasi itu termasuk madaniyah amm. Bukan madaniyah khas. Dan masih banyak lagi kasus serupa lainnya seperti halnya kasus hukum celana jeans, batik, jas, dan lain sebagainya.

Dengan begini, terjawablah pertanyaan di awal tadi. Sekiranya suatu benda itu tidak mengandung pandangan hidup tertentu yang bukan Islam, halal. Boleh-boleh saja dipakai. Apalagi, kalau nggak bertentangan dengan Al-Qur'an dan Assunnah, yah sah-sah saja.

Kisah Adi bin Hatim Mencampakkan Kalung Salibnya
Mari sejenak belajar dari Adi bin Hatim. Nah, Adi bin Hatim ini, merupakan salah seorang sahabat Rasulullah yang sebelum masuk agama Islam, agamanya adalah Nasrani. Suatu ketika Rasulullah ngelihat si Adi bin Hatim masih memakai kalung salib di lehernya. Lalu Rasulullah mendatanginya, kemudian membacakan surat At-Taubah ayat 31:
“Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan...." [TQS. At-Taubah (9): 31]

Tapi Adi bin Hatim malah bilang, "Ih, aku nggak pernah kok nyembah rahib-rahib maupun pendeta-pendeta itu.." Kemudian Rasulullah menjawab, "Apakah rahibmu menghalalkan apa yang diharamkan oleh Allah, dan kamu menghalalkannya? Dan apakah rahibmu mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah, kemudian kamu mengharamkannya?"

Mendadak Adi bin Hatim sadar, dan ngaku salah, kemudian bertaubat. Lalu ia campakkan kalung salib itu.

Say "No" to Madaniyah Khas yang Bukan Islam

Kisah tersebut selaras dengan kaidah syara’ yang berbunyi, Al-ashlu fil asy-yaa’ al-ibaahah, maalam yarid Daliilut-Tah-rim. Artinya, hukum asal suatu benda adalah mubah, selama tidak ada dalil yang mengharamkannya.

Kalau soal perbuatan jahat yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan madaniyah amm, itu hukumnya tergantung perbuatannya. Lihat dulu fakta kasusnya. Kasus apapun. Karena memang hukum asal perbuatan manusia itu terikat dengan hukum syara' (Al-ashlu fil af'al at-taqoyyadu bi al-hukmi asy syari'iy).

Dan selaras pula dengan hadits yang Rasulullah sampaikan, "Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk golongan mereka." (HR. Abu Dawud). [@aiza]
Wallahu 'Alam...

Minggu, 13 Oktober 2019

PENGALAMAN JUAL EMAS DI ANTAM

Pada suatu masa, enam tahun lalu, saya menjajal menabung emas. Mikirnya, sayang uangnya kalau cuma di tabungan aja. Lagian risiko uangnya habis buat jajan-sengaja atau ga sengaja-juga besar. Waktu itu saya pilih belanja emasnya online, di toko emas Empat Hati.
 
Empat Hati itu punyanya Widi Mulia, belinya via twitter, lanjut chat, lalu barangnya dikirim ke rumah dengan bayar biaya kurir. Kenapa beli online? Karena saya baru punya bayi dan ga sempet ke luar rumah.

Kok yakin kalau emasnya asli? Yah, untuk ini saya ga punya jawaban yang memuaskan pastinya. Saya pilih penjual dengan track record baik, waktu itu dan sampai sekarang saya ga pernah denger berita yang jelek-jelek soal Widi, jadi kenapa nggak
 
Setelah beli, saya sempat cari-cari save deposit box di beberapa bank, cari yang ukuran terkecil, tapi ga ketemu, penuh semua. Jadi, selama ini emasnya tersimpan di rumah dan rasanya ga nyaman. Karena kurang nyaman itu, saya udah sempat beberapa kali mau jual, nawarin ke temen-temen aja, tapi belum jodoh.

Sampailah ke Januari 2018, dan di komplek sempat ada kejadian kemalingan beberapa kali. Rasa ga nyaman menjadi. Lalu, saya memutuskan untuk jual emasnya langsung ke ANTAM.

Sebelum pergi, saya sempet browsing soal tata cara penjualan emas. Referensi dari beberapa artikel bilang, pembelian dan penjualan bisa dilakukan di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia ANTAM Pulogadung. Rasanya langsung pingin selimutan trus tidur lagi. Ngebayangin Pulogadung jauhnya ampunnn…

Trus, ada tulisan lagi yang bilang kalo di ANTAM TB Simatupang udah ada Butik Emas, bisa jual beli di sana, tapi harganya ga sebagus di Pulogadung. Saya pikir, ya udahlah datang ke yang deket aja, daripada jauh-jauh ke Pulogadung trus pulangnya harus jajan cendol, jajan bakso, jajan tongseng karena kecapean. Malah buntung nanti. (cat: belakangan saya baru tau kalau ga ada perbedaan harga antara butik emas dan unit pengolahan di Pulogadung).
Butik Antam
Kemarin jadi yang pertama kali buat saya masuk ke Gedung ANTAM. Pas masuk mirip-mirip kantor biasa, ga terlalu banyak pengamanan juga. Di depan ada 2 satpam dan di pintu masuk butik ada satu lagi.

Butiknya ga terlalu besar, ada beberapa sofa untuk nunggu giliran. Oh iya pas masuk itu nanti dikasi nomor antrian, kalau nomornya dipanggil baru deh menghadap mbak-mbak di kasir. Nanti di kasir mbaknya akan tanya keperluan, apakah membeli atau menjual. Kalau menjual, emasnya dilihat dulu sama mereka, lalu kita diminta masuk ke ruang pemeriksaan.
 
Bukan orangnya yang diperiksa, tapi emas dan sertifikatnya. Periksa emasnya dengan timbangan dan cek sertifikatnya dengan alat khusus yang ngeluarin cahaya. Alatnya sama dengan alat buat cek uang asli/palsu. Kalau asli, nanti ada cahaya dan garis biru yang terbaca mesin.

Mbak di ruang periksa kemarin bilang, emas tanpa sertifikat tetap diterima di Butik Antam, cuma kena biaya potong Rp 5000/gr. Sertifikat palsu ini katanya lumayan banyak kasusnya, kebanyakan kejadiannya ke pelanggan yang beli emas di toko emas. Emasnya asli, sertifikatnya nggak.

Proses periksanya cepet, sat set sat set, selesai. Kalau udah selesai dari ruang periksa, balik lagi ke kasir untuk proses selanjutnya. Di kasir, nanti diminta KTP + NPWP. Lalu untuk pembayarannya hanya tersedia dengan transfer, prosesnya makan waktu 2-5 hari kerja.
Harga emas per 2 Februari 2018. Tidak ada perbedaan harga antara unit di Pulogadung dan di Butik Emas.

Bukti jual emas, uang ditransfer ke rekening
Lanjut soal harganya, kemarin sih pas jual harganya lagi bagus, harga emas Rp640.000/gr. Tapi untuk penjualan kembali harganya ga setinggi itu, cuma Rp570.000/gr untuk emas di bawah 18gr dan Rp578.000 untuk emas di atas 18gr. Harganya beda karena pelanggan yang jual emas di atas 18gr udah kena potongan pajak 1,5persen.

Ada untungnya ga nyimpen emas sekian lama?

Ada sih, tapi ga gitu banyak
April 2012 lalu saya belinya Rp25.475.000
Februari 2018 saya jual Rp28.467.000

Kalau dihitung totalnya ada pertambahan nilai Rp2.992.000.
Kelihatan besar, ya? Tapi kalau dibagi ke gram, lumayan kecil. Sepanjang enam tahun disimpan, per gram emas naik harganya Rp59.840. Jika dibagi lagi kenaikannya cuma Rp9.973/gram/tahun.

Saya merasa kenaikan harganya ga setimpal dengan deg-degan nyimpen barangnya, sih. Sementara ini kayanya akan melewatkan investasi dengan logam mulia, pilih instrumen lain aja yang lebih kelihatan, misalnya reksadana atau deposito.

Oh iya, ini penting, kemarin waktu ke sana saya cuma menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Cepet yaaa. Butiknya buka mulai pukul 9.00-16.00 sore. Kalau mau ke sini, coba pilih waktu di bawah jam 12 siang, kata petugas butiknya baru mulai ramai di atas jam 12.

Semoga infonya bermanfaat!

PS: Pernah dengar omongan kalo uang tunai tuh susah dipegang? Yes, yes, yes, duitnya langsung kepake buat bayar cicilan dan uang sekolah! Hahahaha… [@rere]

Seperti yang dikisahkan di link atemalem.com

Sabtu, 12 Oktober 2019

MENU LEZAT BALADO

BALADO TELUR
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan :
4 butir telur ayam rebus.

Bumbu ulek kasar :
-5 cabai merah.
-4 bawang merah.
-3 bawang putih.
-*boleh tambah tomat, boleh tidak.
-Gula pasir.
-Garam/Royco.

Cara Membuat:
1. Kupas perlahan telur yg sudah direbus.
2. ‎Goreng telur dengan minyak panas (kalo belum panas jangan dimasukkan dulu nanti telur bentol2, liat pict ke 3 telur gorengnya lumayan mulus.
3. Tumis bumbu ulek tadi dengan sedikit minyak goreng sampai harum.
4. Masukkan telur goreng dan masak sebentar hingga bumbu rata semua.
5. Angkat dan sajikan [
@seto_beri]




AYAM GORENG BALADO
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan :
-1 ekor ayam, potong kecil tanpa kulit (paling enak ayam pejantan/ ayam biasa ukuran kecil).
-2 sdt garam.
-Air secukupnya sampai ayam setengah terendam.

Ungkep dgn bumbu ungkep:
-5 siung bawang merah.
-5 siung bawang putih.
-3 cm jahe.
-3 cm lengkuas.
-2 cm kunyit.

Bahan Balado :
-4siung bawang merah, iris.
-1bh tomat, iris.
-2btg daun bawang, iris.
-20bh cabe merah, giling kasar.
-Garam.
-Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat:
1. Bersihkan ayam buang kulitnya lalu potong 10 bagian atau sesuai selera. Ungkep ayam dengan bumbu ungkep yang sudah dihaluskan tambahkan garam dan air secukupnya sampai empuk. Tiriskan.
Goreng ayam hingga kecoklatan. Tiriskan.

2. Tumis bawang merah hingga wangi. Masukkan irisan tomat dan daun bawang tumis hingga layu. Lalu masukkan Cabe giling beri garam secukupnya. Masak dengan api kecil sampai matang. Koreksi rasa. Campur dengan ayam yang sudah digoreng. Sajikan. [@icha.irawan]

MENDAMBAKAN ULAMA PEWARIS NABI

Ulama adalah pewaris para nabi. Merekalah yang mewarisi tugas para Nabi dan Rasul dalam menyampaikan dakwah dan melakukan amar ma’ruf nahi mungkar. Di hadapan penguasa, Ulama adalah barisan terdepan yang mengontrol, menjaga, memberikan kritik dan nasehat agar penguasa senantiasa menjalankan syariah-Nya. Ulama juga tempat bertanya penguasa dalam ragam kebijakan menyangkut urusan pemerintahan, politik, sosial, ekonomi, pendidikan, dll. Di tengah-tengah umat, Ulama bagaikan lentera yang bersinar terang, membimbing dan menunjukkan jalan yang benar. Apabila ulama terbenam, maka jalan akan kabur. Ulama adalah lambang harapan & cita-cita umat. Allah menjamin Islam akan tetap abadi hingga akhir zaman, tapi Allah tidak menjamin Islam akan tegak di kampung, daerah, dan negeri kita tanpa kita perjuangkan eksistensinya bersama-sama dengan para Ulama. 
Hasil gambar untuk Ulama pewaris nabi
Karena itu, peran ulama pada aturan yang akan diterapkan penguasa adalah sebuah keniscayaan. Politik adalah pengaturan rakyat yang tidak akan pernah terpisah dengan misi dan visi sosok ulama. Rusaknya moral para birokrat, bergesernya haluan politik pada sekedar hanya untuk meraih kekuasaan, “lugu”-nya masyarakat menilai kebijakan politik dan intervensi asing terhadap negara, boleh jadi diantaranya karena peran ulama dipinggirkan. Tak jarang diantara masyarakat yang menilai bahwa politik itu “kotor” dan agama itu “suci”, maka agama harus dijauhkan dari aktivitas politik. Penilaian seperti itu tidak sepenuhnya salah, artinya tergantung dari mabda (ideologi) politik tersebut. Kalau mabdanya adalah Kapitalisme atau Sosialisme, maka agama harus dijauhkan dari politik. Kecuali peran agama adalah “melawan” mabda kufur tersebut. Tapi kalau mabdanya adalah Islam itu sendiri, maka politik tak terpisahkan dalam kehidupan beragama. Kebutuhan penguasa saat ini pada ulama hanya sebatas rutinitas ritual ibadah atau sekedar “seremonial” belaka. Bahkan ulama diminta mengikuti arahan dan tekanan penguasa dalam “menghalalkan” setiap kebijakan yang akan diterapkan penguasa pada rakyat, dan bukan sebaliknya . Ada jarak yang lebar antara penguasa dan Ulama dalam kontrol politik. Inilah buah daripada sekulerisme (pemisahan agama dengan kehidupan ).

Peran ulama dalam aktivitas politik menurut syariat (sistem) Islam setidaknya dalam beberapa hal berikut :

1. Menjaga kejernihan pemikiran masyarakat.
Bencana paling mengenaskan abad ini bagi umat Islam adalah kemerosotan berpikir. Semua ini berawal dari dijauhkannya umat dari permata mereka al-Quran dan as-Sunnah, sebagai standar berpikir umat. Kelemahan ini menjadikan masyarakat bertindak pragmatis. Ulama adalah sosok yang paling strategis untuk meningkatkan taraf berpikir umat. Caranya adalah dengan senantiasa mengaitkan tiap persoalan yang terjadi dengan nilai dan standarisasi Islam. Saat ditengah-tengah umat berkembang paham dan pemikiran kufur, ulama harus mengkaji faktanya, lalu menjelaskan secara jernih kerusakan paham dan pemikiran tersebut. Apa yang dilakukan MUI dulu dengan 11 (sebelas) fatwanya pada Munas ke-IV, yang membahas tentang haramnya sekulerisme,pluralisme, liberalisme (sepilis) kiranya tepat untuk dijadikan contoh upaya ulama menjaga kejernihan pemikiran masyarakat. Disamping itu, ulama senantiasa menjaga umat untuk tidak terkotak-kotak dalam fitnah ashobiyah (golonganisasi) yang melemahkan ukhuwah Islamiyah.

2. Membangun kesadaran politik masyarakat.
Setiap peristiwa di masyarakat tidak selalu murni alami tanpa rekayasa. Sebagian peristiwa bahkan by design oleh kelompok tertentu untuk tujuan politik tertentu. Situasi politik lokal, regional, dan internasional terjadi hakikatnya mengikuti mainstream dari sebuah kebijakan poltik. Umat tidak boleh terfokus bahkan terpengaruh oleh sebuah informasi dari berbagai media baik cetak maupun elektronik, sebelum membandingkannya dengan yang lain yang lebih valid dan Islami. Tetap kritis dan jangan mudah terprovokasi. Umat harus pandai membaca situasi, mengamati dan memahami semua kejadian tersebut dari sudut pandang Islam semata. Umat juga harus menyadari bahwa kemuliaan dan keagungan Islam membuat musuh-musuh Islam merasa iri dan dengki. Tiap musuh-musuh Islam berupaya menguasai berbagai media dan mengaburkan bahkan memelintir setiap informasi dan berita yang dinilai cenderung membawa nama Islam. Inilah yang disebut dengan kesadaran poltik Islam.

3. Melakukan perang pemikiran (ash-shira’ul fikri).
Kebenaran adalah lawan kebatilan. Saat ini, perang pemikiran yang terjadi bukan hanya antara kaum Muslim dan orientalis barat yang memang kafir. Kita juga berhadapan dengan putra-putri kaum Muslim yang pola pikirnya bahkan lebih “Barat” daripada orang-orang Barat sendiri. Ulama harus mempelajari kesesatan musuh-musuh Islam, termasuk aliran-aliran sesat seperti ahmadiyah dan kemunafikan kaum liberal. Sebab mereka juga melakukan hal yang sama untuk menistakan keagungan syariat Islam. Sekali lagi, jangan sampai paham dan pemikiran mereka meracuni umat Islam. Salah satu penyebab runtuhnya Daulah Khilafah Islamiyah yang menguasai sepertiga dunia. Dan telah “menyinari” dunia selama 13 abad lamanya, adalah karena umat telah terpengaruh paham dan pemikiran kufur dan meninggalkan aktivitas dakwah dan jihad. Umat waktu itu baru menyadari setelah ‘benteng Islam” diruntuhkan, berbagai bencana sosial yang direncanakan sistematis menimpa umat Islam. Persis seperti “hidangan di meja makan” yang diserbu dari segala penjuru.

4. Melakukan kontrol terhadap penguasa (muhasabah lil-hukkam).
Inilah aktifitas pokok ulama. Termasuk berusaha membongkar konspirasi asing yang berusaha merongrong kedaulatan Negara. Juga konspirasi penguasa yang menistakan rakyat dengan berbagai kebijakan yang tidak berpihak pada rakyat itu sendiri. Dihadapan penguasalah reputasi sosok Ulama dipertaruhkan. Kewajiban amar ma’ruf dan nahi mungkar harus lebih ditekankan pada penguasa, karena ditangan penguasalah kemaslahatan rakyat “dipertaruhkan.”

Rasulullah SAW bersabda:
“Hendaklah kalian menyuruh kebaikan & mencegah kemungkaran. Hendaklah kalian melarang penguasa berbuat dzalim dengan menyatakan kebenaran dihadapannya. Janganlah kalian menutup-nutup kebenaran itu…..” (HR Abu Dawud & at-Tirmidzi)

“Jihad yang paling utama adalah menyampaikan kebenaran di hadapan penguasa dzalim.” (HR at-Tirmidzi & an-Nasa’i)

5. Memberikan solusi terhadap berbagai persoalan masyarakat.
Islam adalah serangkaian aturan hidup yang berfungsi sebagai solusi atas berbagai persoalan. Solusi-solusi tersebut terangkai dalam suatu sistem hukum. Ulama adalah yang paling kredibel dalam menjelaskan semua itu. Persoalan kebobrokan moral, lemahnya kualitas ubudiyah baik individu maupun masyarakat, pengangguran yang kian bertambah, kemiskinan yang tersistemisasi, kesehatan dan pendidikan yang terus di komersialisasi, korupsi yang makin meningkat, melonjaknya harga pangan dll perlu solusi Islam yang harus dijelaskan oleh ulama secara komprehensif. Lebih dari itu, bencana alam yang menimpa negara baik didarat dan laut harus mengingatkan kita akan segala kemaksiatan global yang dilakukan bangsa ini. Masyarakat dan penguasa negeri ini harus benar-benar disadarkan oleh para ulama bahwa semua itu merupakan momen agar mereka segera bertobat dan kembali pada aturan Allah, kembali pada syariah-Nya.

6. Menggerakkan masyarakat untuk berjihad & melakukan perubahan yang lebih baik.
Jihad adalah tulang punggung kehidupan umat. Jihad harus terus berlangsung hingga hari kiamat, baik ada pemimpin Islam (Khalifah) maupun tidak. Di negeri-negeri yang nyata-nyata terjadi benturan fisik antara kaum Muslim dan pihak kafir seperti di Palestina, Suriah, Myanmar, Xinjiang dll para Ulama harus mengobarkan semangat jihad fi sabilillah. Fisik harus dilawan fisik, bukan sekedar kecaman dengan mulut, Apalagi dengan diam seperti yang dilakukan Negara-negara Arab sekuler akhir-akhir ini. Dalam hal ini, para Ulama tak usah terpengaruh oleh statement hingga aturan rezim penguasa sekuler yang cenderung abai pada kedzaliman yang menimpa umat Islam.
Di negeri-negeri Islam yang tidak terjadi kontak fisik (senjata) seperti di Indonesia. Yang mesti dilakukan ulama adalah memimpin masyarakat untuk melakukan perubahan dengan dakwah bil hikmah, maw’izhatul hasanah, billati hiya ahsan. Ulama bersama-sama dengan umat wajib berjuang untuk terus melakukan perubahan pemikiran dan perasaan masyarakat secara keseluruhan. Berupaya secara optimal penuh kesabaran agar syariah Islam diterapkan secara sistemik dalam negara. Terhadap non-Muslim perlu diberikan kesadaran bahwa keagungan syariat Islam pada ranah publik bersifat universal untuk kemaslahatan mereka juga. Bukan malah dianggap sebagai ancaman terhadap keutuhan negara. Semua itu dilakukan dengan terbuka & sedikitpun tanpa kekerasan. Semua hal tersebut seperti contoh dari Rasulullah SAW seperti yang terangkum dalam metode dakwah beliau.

Untaian hikmah seputar topik.

 Hasil gambar untuk Ulama pewaris nabi
 Rasulullah SAW bersabda:
“Siapa saja yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu. Allah memperjalankannya diatas salah satu jalan surga. Sesungguhya para malaikat meletakkan sayap mereka karena ridla pada para penuntut ilmu. Sesungguhnya seorang alim itu dimintakan ampunan oleh makhluk yang ada di langit & di bumi hingga ikan yang di dasar lautan. Sesungguhnya keutamaan seorang alim atas seorang aabid (ahli ibadah) sperti keutamaan bulan purnama atas bintang-bintang. Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sesungguhnya para nabi tidak mewariskan dinar & dirham, melainkan ilmu. Karena itu siapa yang mengambilnya, ia telah mengambil bagian yang besar.” (HR Abu Dawud, at- Tirmidzi, Ahmad, ad-Darimi, al-Hakim, al-Baihaqi & Ibn Hibban)

“Kebinasaan bagi umatku (datang dari ulama) su’, mereka menjadikan ilmu sebagai barabg dagangan yang mereka jual kepada para penguasa masa mereka untuk mendapatkan keuntungan bagi diri mereka sendiri. Allah tidak akan memberikan keuntungan dalam perniagaan mereka itu.” (HR al-Hakim)

“Ulama adalah kepercayaan para rasul selama mereka tidak bergaul (mesra dalam hak & batil)dengan penguasa & tidak asyik dengan dunia. Jika mereka bergaul dengan penguasa & asyik dengan dunia maka mereka telah mengkhianati para rasul. Karena itu, jauhi mereka”. (HR al-Hakim)

“Ingatlah, sejelek-jelek keburukan adalah keburukan ulama & sebaik-baik kebaikan adalah kebaikan ulama.” (HR ad-Darimi)

Imam Al-Ghazali dalam Ihya’ ‘Ulumuddin menuturkan:
“Dulu diantara tradisi para ulama adalah mengoreksi & mengawal penguasa untuk menerapkan hukum Allah. Mereka mengikhlaskan niat & pernyataan mereka membekas di hati. Sebaliknya sekarang, terdapat penguasa yang tamak, namun ulama hanya diam. Andai mereka berbicara, pernyataanya berbeda dengan perbuatannya sehingga tidak mencapai keberhasilan. Kerusakan masyarakat itu adalah akibat kerusakan penguasa & kerusakan penguasa itu adalah akibat kerusakan ulama. Kerusakan ulama adalah akibat digenggam cinta harta & jabatan. Siapa saja yang digenggam oleh cinta dunia, niscaya dia tidak mampu menguasai “kerikilnya”, bagaimana lagi dapat mengingatkan penguasa & para pembesar.”

Dari penjelasan diatas bisa kita ambil sikap, bahwa umat Islam wajib mengikuti Ulama. Yaitu Ulama haq yang memang lurus dijalan Allah, walau panah-panah penguasa musuh Allah mengarah pada sang Ulama. Bukan Ulama su' (penipu umat) dan penjilat penguasa kufur. yang harus kita ikuti. Sebab mereka akan merusak jalan kehambaan kita dihadapan Allah SWT. [irawan]

Minggu, 06 Oktober 2019

ANEKA SATE LEZAT

1. SATE AYAM MADURA
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan Utama :
• 300 gram dada ayam fillet.
• 100 gram kulit ayam (optional).
• Minyak goreng secukupnya.
• Air secukupnya.

Bahan Rendaman :
• perasan jeruk nipis 1/2 buah.
• 3 butir bawang putih *dihaluskan.
• 1/2 sdt merica bubuk.

Bumbu Sambal Kacang:
• 150 gram kacang goreng.
• 2 butir bawang putih.
• 5 butir bawang merah.
• 3 butir kemiri.
• 1 buah cabe merah besar.
• 2 sdm Gula merah sisir.
• 3 lembar daun jeruk *buang tulangnya.
• 1/2 sdt garam.
• 1/2 sdt kaldu bubuk.
• 2 sdm kecap manis.

Bumbu Olesan Sate :
• 1 sdm mentega.
• 3 sdm sambal kacang.
• 3 sdm kecap manis.

Bahan Pelengkap Sate :
• Acar bawang/cabe/timun.
• Bawang Goreng.
• Jeruk Limau (airnya).
• Lontong/Nasi.

STEP
• Cuci dada ayam dan kulitnya dengan air mengalir. Tiriskan lalu potong dadu.Tambahkan bumbu rendaman. Aduk merata. Diamkan sekitar 1 jam dalam kulkas.
• Haluskan semua bahan sambal kacang. Tumis dengan minyak. Tambahkan air. Masak hingga bumbu mengental dan mengeluarkan minyak (sambil diaduk sesekali). Test dan koreksi rasa. Angkat dan sisihkan.
• Tusukkan potongan dada ayam dan kulitnya pada tusuk sate. Lakukan hingga bahan habis.
• Olesi sate dengan bahan olesan. Diamkan sekitar 5-10 menit.
• Bakar sate sambil terus dibolak balik biar matang merata.
• Susun sate diatas piring saji lalu kucuri dengan sambal kacang dan kecap manis.
• Sate siap disantap dengan bahan pelengkap lainnya.[@yzmalicious]



2. SATE AYAM MANIS
Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan:
500 gr Dada ayam, iris panjang.

Bumbu halus:
-8 butir Bawang merah.
-5 siung Bawang putih.
-Seruas Laos.
-1 sdm Ketumbar.
-3 butir Kemiri.
-Secukupnya Gula merah, iris halus.
-2 sdm Madu.
-Kecap manis, kaldu jamur, garam, merica, gula pasir (secukupnya saja kalo dirasa asin manisnya sudah pas, tapi rasa cenderung ke manis yah).

Bumbu oles:
Margarin, kecap manis (campur jadi satu).

Cara Membuat :
1. Haluskan semua bumbu.
2. Campur bumbu halus ke irisan ayam, biarkan meresap minimal 15 menit atau bole didiamkan semalaman dikulkas biar tambah meresap bumbunya (jadi bikinnya dr malem besok baru ditusuk2 dan bakar).
3. Cuci dulu lidi sate, tusuk daging ayam dengan tusuk sate, lalu bakar sambil dioles2 campuran margarin dan kecap manis dan bolak balik satenya, sampai matangnya merata.[@debbie_ariesthea]



3. SATE DAGING MANIS

Bahan :
-500 gram daging sapi bag. Has dalam,, bersihkan lalu potong tipis memanjang
Hasil gambar untuk madras curry powder-Tusukan sate, rendam air sebentar


Bumbu Marinasi (aduk rata campur jadi 1) : 
-1 sdt Madras Curry Powder.
-1 sdt Meat Curry Powder.
-6 butir bawang merah, haluskan.
-2 siung bawang putih, haluskan.
-1 sdm ketumbar sangrai, haluskan.
-2 butir kemiri, haluskan.
-1 sdm saus tiram.
-1 sdm kecap manis.
-3 sdm gula merah yg sdh dihaluskan .
Hasil gambar untuk Meat Curry Powder-Bumbu oles (campur jadi satu, aduk rata):
-4 sdm Kecap manis.
-1 sdm margarin.

Cara Membuat:
Setelah di marinasi semalaman, tusuk daging dengan tusukan sate.
Bakar sate diatas alat pemanggang, atau bisa diatas teflon ..sambil diolesi bumbu oles, bolak balik sate..panggang hingga matang. Angkat dan sajikan dengan sambal kecap dan taburan bawang goreng

SAMBAL KECAP(campur jadi satu):
-1/2 buah tomat, potong2
-8 buah cabe rawit ijo+merah , potong2
-2 bawang merah, iris
-Kecap manis secukupnya
[@eunice_euston]



4. SATE PADANG PARIAMAN
Gambar mungkin berisi: makanan 


Bahan :
-500 gr Daging Lulur Dalam.
-2 Lembar Daun Jeruk.
-2 Batang Serai ambil bagian putihnya, memarkan.
-1 Ruas Jari Lengkuas, memarkan.
-Garam, gula sesuai selera.
-800 ml Air.
-1 sdm Tepung Beras, larutkan dengan sedikit air.

Bumbu Halus :
-4 Siung Bawang Putih.
-5 Butir Bawang Merah.
-4 Buah Cabai Merah Besar.
-2 Ruas Jari Kunyit.
-1 Ruas Jari Jahe.
-1 sdt Ketumbar Halus.
-1/2 sdt Jinten Bubuk.
-1/2 sdt Kapulaga Bubuk.

Pelengkap :
Bawang Goreng.

Cara Membuat :
1. Masak daging dengan air secukupnya sampai daging berubah warna dan 1/2 matang. Angkat lalu potong-potong sesuai selera.
2. Haluskan semua bumbu halus pakai blender tambahkan sedikit air supaya blender bisa jalan, boleh juga diuleg.
3. Panaskan sedikit minyak goreng, masukkan bumbu halus tambahkan daun jeruk, serai dan lengkuas. Tumis hingga harum kemudian masukkan daging yang sudah dipotong-potong, aduk rata.
4. Tambahkan air sekitar 800 ml, tambahkan garam dan gula hingga rasanya pas. Masak hingga daging empuk, matang dan bumbu meresap.
5. Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan. Kemudian masukkan larutan tepung beras ke dalam kuah daging, aduk rata hingga kuah mengental. Angkat.
6. Tusuk potongan daging dengan tusukan sate sampai habis. Kemudian bakar sate diatas bara api sebentar saja.
7. Sajikan sate padang dengan disiram kuahnya, taburi dengan bawang goreng.
[@tyasprabowo]



5. SATE SAPI MANIS
Gambar mungkin berisi: orang duduk dan makanan
Bahan:
-500 gr daging sapi.
-100 gr lemak sapi.
-2 lembar daun pepaya.

Bumbu perendam:
-3 siung bawang putih.
-1 ruas jahe.
-2 butir kemiri.
-Secukupnya Garam.
-3 sdm kecap manis.

Bumbu kacang:
-100 gr kacang tanah.
-5 siung bawang merah.
-3 siung bawang putih.
-2 bh cabe merah, buang bijinya.
-3 butir kemiri.
-1 sdm gula merah sisir.
-Secukupnya Garam dan kaldu bubuk.
-3 sdm kecap manis.

Cara Membuat:
1. Potong-potong daging dan lemak sapi sesuai selera. Letakkan di atas daun pepaya yang sudah diremas-remas. Lalu tutup lagi dengan daun pepaya. Diamkan selama 1 jam. Kemudian tusuk dengan tusuk sate, berselang-seling daging dan lemak.

2. Haluskan bawang putih, jahe, dan kemiri. Tambahkan garam dan kecap manis. Aduk hingga rata. Olesi sate dengan bumbu perendam hingga rata. Diamkan 30 menit. Lalu bakar hingga matang.

3. Goreng kacang tanah hingga matang keemasan. Goreng juga bawang merah, bawang putih, cabe merah dan kemiri. Dinginkan. Haluskan kacang tanah goreng, gula merah, dan bumbunya.

4. Panaskan minyak, masukkan bumbu kacang halus. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk dan kecap manis. Aduk rata. Masak hingga matang dan mengental. Jangan lupa tes rasa. Bisa diencerkan dengan sedikit air matang ketika akan disajikan.

Sajikan hangat dengan bumbu kacang, acar timun, bawang merah mentah, irisan timun, tomat, dan kol. [@mama_syifa_hana]

BENARKAH MENGKRITIK PENGUASA DI MUKA UMUM HUKUMNYA HARAM DAN TERMASUK GHIBAH ?

Gambar terkait
By: KH. Muhammad Shiddiq Al Jawi

Mengkritik penguasa di muka umum hukumnya boleh dan tidak termasuk ghibah yang dilarang dalam Islam. Dalilnya ada dua yaitu Pertama, dalil mutlak tentang mengenai kritik terhadap penguasa. Kedua, adanya dalil-dalil bahwa mengkritik penguasa yang zalim tidaklah termasuk ghibah yang diharamkan dalam Islam.

Dalil pertama, adalah dalil-dalil mutlak mengenai amar ma’ruf nahi munkar kepada penguasa. Misalnya sabda Nabi Saw, “Seutama-utamanya jihad adalah menyampaikan kalimat yang haq kepada penguasa (sulthan) atau pemimpin (amiir) yang zalim.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Dalil ini mutlak, yakni tanpa menyebut batasan tertentu mengenai cara mengkritik penguasa, apakah mengkritik secara terbuka atau tertutup. Maka boleh hukumnya mengkritik penguasa secara terbuka, berdasarkan kemutlakan dalil tersebut, sesuai dengan kaidah ushuliyah: al-ithlaq yajri ‘ala ithlaqihi maa lam yarid dalil yadullu ‘ala al-taqyiid (dalil mutlak tetap dalam kemutlakannya, selama tidak ada dalil yang menunjukkan batasan/syarat). (M. Abdullah Al-Mas’ari, Muhasabah Al Hukkam, hlm.60)

Bolehnya mengkritik secara terbuka juga diperkuat dengan praktik para sahabat Nabi Saw, yang sering mengkritik para khalifah secara terbuka.

Diriwayatkan dari Ikrimah ra. khalifah Ali bin Thalib ra. telah membakar kaum zindiq, berita ini sampai kepada Ibnu Abbas ra. maka berkatalah beliau, “Kalau aku, niscaya tidak akan membakar mereka karena Nabi Saw telah bersabda, “Janganlah kamu menyiksa dengan siksaan Allah (api).” dan niscaya aku akan membunuh mereka karena sabda Nabi Saw, “Barangsiapa mengganti agamanya, maka bunuhlah dia.” (HR Bukhari no. 6524)

Hadits ini jelas menunjukkan Ibnu Abbas telah mengkritik Khalifah Ali bin Thalib secara terbuka di muka umum. (Ziyad Ghazzal, Masyu’ Qanun Wasa’il Al-I’lam Ad-Daulah Al-Islamiyah, hlm.25).

Adapun dalil kedua, adalah dalil bahwa mengkritik penguasa yang zalim tidak termasuk ghibah yang diharamkan Islam. Imam Nawawi dalam kitabnya Riyadhus Shalihin telah menjelaskan banyak hadits Nabi Saw yang membolehkan ghibah-ghibah tertentu sebagai perkecualian dari asal hukum ghibah (haram).

Misalnya, hadits dari A’isyah ra. Bahwa seorang laki-laki minta izin kepada Nabi Saw, kemudian Nabi Saw. bersabda, “Berilah izin kepada orang itu, dia adalah orang yang paling jahat di tengah-tengah keluarganya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menunjukkan Nabi SAW, telah melakukan ghibah, yaitu menyebut nama seseorang di hadapan umum lantaran kejahatan orang itu.

Berdasarkan dalil-dalil semacam ini, para ulama telah menjelaskan bahwa ghibah dihadapan umum kepada orang yang jahat, termasuk juga penguasa yang zalim, hukumnya boleh. Imam Ibnu Dunya meriwayatkan pendapat Ibrahim An-Nakha’i (seorang tabi’in) yang berkata, “Ada tiga perkara yang tidak dianggap ghibah oleh mereka (para sahabat), yaitu; imam yang zalim, orang yang berbuat bid’ah, dan orang fasik yang terang-terangan dengan perbuatan fasiknya.” Hasan Al-Bashri (seorang tab’in) juga berkata, “Ada tiga orang yang boleh ghibah padanya, yaitu; orang yang mengikuti hawa nafsu, orang fasik yang terang-terangan dengan kefasikannya, dan imam yang zalim.” (Ibnu Abi Dunya, Al-Shumtu wa Adabul Lisan, hlm. 337 & 343).

Memang ada ulama yang mengharamkan mengkritik pemimpin secara terbuka berdasarkan hadits Iyadh bin Ghanam, bahwa Nabi Saw. bersabda, "Barangsiapa hendak menasihati penguasa akan suatu perkara, janganlah dia menampakkan perkara itu secara terang-terangan, tapi peganglah tangan penguasa itu dan pergilah berduaan dengannya. Jika dia menerima nasihatnya, itu baik, kalau tidak, orang itu telah menunaikan kewajibannya pada penguasa itu.” (HR Ahmad, Al-Musnad, Juz III no.15369).

Namun hadits ini dha’if (lemah) sehingga tidak boleh dijadikan hujjah (dasar hukum) karena dua alasan: (1) sanadnya terputus (inqitha’), dan (2) ada periwayat hadits yang lemah, yaitu Muhammad bin Ismail bin ‘Ayyaasy. (M. Abdullah Al-Mas’ari, Muhasabah Al-Hukkam, hlm. 41-43). Wallahu a'lam.

Sabtu, 05 Oktober 2019

MEMAHAMI KOMPONEN & CARA KERJA HYDRAULIC SYSTEM

Dalam bahasa Inggris hydraulic yang berarti cairan atau minyak. Prinsip dari peralatan hydraulic memanfaatkan konsep tekanan, yaitu tekanan yang diberikan pada salah satu silinder akan diteruskan ke silinder yang lain.

CARA KERJA SISTEM HYDRAULIC:

Sistem Hydraulic bekerja dengan mengubah dan juga mengendalikan energi ketika energi tersebut mengalir dari satu komponen ke komponen berikutnya.

Sistem hydraulic menerima input energi dari pompa yang digerakkan oleh motor. Pompa hydraulic mengubah energi mekanik menjadi energi hydraulic dalam bentuk aliran dan tekanan atau pressure (Psi). Control valve bekerja mengendalikan pengalihan energi hydraulic melalui sistem dengan mengendalikan aliran oil tersebut dan arahnya. Actuator (cylinder atau motor hydraulic) mengubah energi hydraulic menjadi energi mekanis dalam bentuk gerakan linear ataupun putaran, yang dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan.

Untuk melaksanakan kinerja hydraulic, dibutuhkan aliran sekaligus tekanan. Tekanan hydraulic merupakan gaya dan aliran yang akan menyebabkan terjadinya gerakan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.


Prinsip yang digunakan pada sistem hydraulic adalah Hukum Pascal, yaitu :

Benda cair yang ada di ruang tertutup apabila diberi tekanan, maka tekanan tersebut akan dilanjutnya ke segala arah dengan sama besar.

Komponen sistem hidrolik secara umum terdiri dari:
1. Unit tenaga (Power Pack), yang meliputi: Motor penggerak, pompa hydraulic, tangki hydraulic dan katup pengaman.
2. Unit penggerak (Actuator), yang banyak dipergunakan adalah cylinder hydraulic.
3. Unit pengatur (Direction Control Valve).
4. Hydraulic Oil.
5. Selang / Hose / pipa saluran.

Keuntungan Sistem hydraulic antara lain :
1. Menghasilkan tenaga yang besar, dengan dimensi peralatan yang kecil.
2. Kecepatan gerak yang dapat diatur (bervariasi).
3. Mudah diubah arah gerakannya.

FUNGSI KOMPONEN HYDRAULIC:

A. HYDRAULIC LINES HOSE
Saluran hydraulic digunakan untuk menyambung berbagai komponen untuk penyaluran zat cair dalam sebuah sirkuit. Hose / slang digunakan jika dibutuhkan fleksibilitas, seperti jika komponen yang saling bergerak satu sama lain. Hose dapat menyerap getaran dan mampu menahan berbagai tekanan.

B. HYDRAULIC TANK
Fungsi utama dari hydraulic oil tank adalah untuk menyimpan oli dan memastikan bahwa terdapat cukup oli yang dibutuhkan oleh sistem. Komponen dari tangki tersebut adalah :

Fill Cap
Penutup ini menjaga agar contaminant tidak masuk lewat bukaan yang dipergunakan untuk mengisi dan menambah oli ke dalam tangki dan menyekat tangki bertekanan.
Sight Glass
Gelas pengukur dipergunakan untuk mengukur tinggi permukaan oli menurut petunjuk pengoperasian serta perawatan. Tinggi permukaan oli dianggap sesuai jika oli terlihat berada di tengah gelas pengukur. Ketinggian oli harus diperiksa ketika oli dingin. Lihat spesifikasi dari pembuatnya untuk kesesuaian prosedur tentang bacaan tinggi permukaan oli.
Supply & Return Line
Saluran pengisian berfungsi untuk mengalirkan oli dari tangki ke dalam sistem. Sedangkan saluran kembali memungkinkan oli mengalir dari sistem ke tangki.
Drain line
Letaknya pada bagian bawah tangki, lubang drain ini berfungsi untuk drain oli lama dari dalam tangki. Lubang drain ini juga berfungsi untuk menyingkirkan air dan endapan kotoran dari dasar tangki. Kadang drain plug mengandung magnet yang kuat untuk menangkap partikel pada dasar tangki.
Filler Screen
Mencegah contaminant / pencemar berukuran besar masuk ke dalam tangki .
Filler Tube
Mempermudah pengisian tangki sampai pada ketinggian permukaan yang benar, namun tidak kelebihan mengisi.
Baffle
Mencegah pengembalian oli mengalir langsung ke outlet tank , sehingga ada waktu bagi buih untuk naik ke permukaan. Hal ini mencegah oli tumpah sehingga mengurangi foaming / pembuihan oli.
Ecology Drain
Digunakan untuk mencegah tumpahan secara tidak sengaja ketika menyingkirkan air dan endapan dari dalam tangki .
Return Lines
Menyalurkan kembali oli dari sirkuit hydraulic ke dalam tangki.
Return Screen
Mencegah partikel kotoran berukuran besar masuk ke dalam tangki , namun tidak dapat menyaring kotoran yang lebih halus.
Pump Pick-up Lines
Saluran pick-up pump menyalurkan oli ke inlet pump. Pada umumnya, saluran ini tidak menyentuh dasar tangki . Ini mencegah endapan yang ada di dasar tangki turut hanyut ke dalam pompa.

C. HYDRAULIC PUMP
Pompa hidrolik mengubah energi mekanik menjadi energi hydraulic. Pompa ini merupakan alat yang mengambil energi dari suatu sumber (misalnya mesin, motor elektrik dan lain-lain) dan mengubah energi tersebut menjadi energi hydraulic.
Fungsi pompa ini adalah untuk memasok sistem hydraulic dengan aliran oli yang mencukupi sehingga sirkuitnya mampu beroperasi pada kecepatan yang benar. Pompa dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu Non positive displacement dan Positive displacement. Contoh jenis pompa yang digunakan pada sistem hydraulic adalah sentrifugal impeller, gear pump, vane pump, piston pump.

D.ACTUATOR
Aktuator merupakan komponen output dari sistem hydraulic. Ada dua macam aktuator, yaitu rotary actuator yang menyalurkan tenaganya dalam gerakan melingkar atau memutar, dan linear actuator yang menyalurkan tenaganya dalam garis lurus. Contoh actuator linear yaitu hydraulic cylinder, sedangkan contoh rotary actuator adalah gear motor, piston motor, vane motor.

E. DIRECTIONAL CONTROL VALVE
Directional control valve (DCV) digunakan untuk menyalurkan oli hydraulic ke berbagai sirkuit terpisah dalam sistem hydraulic.

F. PRESSURE CONTROL VALVE
Pressure control valve juga dikenal dengan nama relief valve. Fungsi relief valve adalah untuk memberi perlindungan atau membatasi tekanan maksimum kepada sistem hydraulic sehingga komponen sistem tidak mengalami malfungsi, macet atau terbakar dan line / saluran zat cair tidak terbakar atau bocor pada persambungan. Relief valve ini bekerja dengan cara memberikan jalan bagi zat cair sistem untuk dibelokkan ke reservoir ketika pengaturan tekanan valve telah dicapai.

G. FILTER DAN STRAINER
Hydraulic oil filter digunakan untuk menyaring contaminant yang ada di dalam sistem hydraulic.

Filler Screen.
Filler screen biasanya terletak pada tabung (tube) pengisi. Filter ini menjaga bahan contaminant / pencemar berukuran besar agar tidak masuk ke dalam tangki ketika penutupnya dibuka.
Strainer
Inlet strainer biasanya dipasang pada bagian dalam reservoir dan dibenamkan dalam oli hydraulic yang selanjutnya mengalir melalui elemen filter. Jika filter terhambat, maka tekanan pada bagian dalam akan turun (pompa mengisap) dan oli dapat mengalir melewati bypass valve.

H. PENDINGIN / OIL COOLER
Hydraulic oil cooler digunakan untuk mendinginkan minyak hydraulic yang bergerak menyerap dan mengangkut panas yang dihasilkan dari komponen hydraulic seperti silinder dan pompa.
Pendingin dibagi menjadi dua, air cooler dan water cooler.

Air cooler
Dalam air cooler, zat cair dihisap melalui tabung yang memiliki sirip (seperti radiator). Untuk menurunkan panas, ditiupkan udara ke dalam tabung dan sirip melalui fan.

Water cooler
Water cooler terdiri dari beberapa tabung logam yang dilindungi oleh sebuah tabung besar . Dalam pendingin ini, zat cair sistem hydraulic dipompa dan mengalir melalui tabung-tabung kecil dan cairan pendingin melalui sela-sela tabung.

FUNGSI UTAMA HYDRAULIC OIL:

Transmitting power (Meneruskan Tenaga)
Karena hydraulic fluid tidak dapat dikompres, sekali hidrolik sistem ter-isi dengan fluida, seketika itu juga meneruskan power dari satu area ke area yang lain. Akan tetapi bukan berarti semua fluida mempunyai efisiensi yang sama dalam meneruskan power, sebab masing-masing fluida mempunyai sifat khusus sendiri-sendiri. Pemilihan hydraulic fluid yang benar tergantung dari pemakaian dan kondisi pengoperasian.

Lubricating (Melumasi)
Hydraulic fluid (oil) harus bisa melumasi komponen-komponen yang bergerak dalam sebuah sistem hydraulic. Komponen-komponen yang berputar atau meluncur harus bisa berfungsi dengan baik tanpa harus bersentuhan dengan komponen yang lain. Hydraulic oli harus bisa mempertahankan oli film di antara dua permukaan untuk mencegah gesekan, panas dan keausan.

Sealing (Menutupi)
Banyak komponen-komponen hidrolik di-design dengan menggunakan hydraulic oli dari pada mekanikal seal dalam komponen. Viskositas (kekentalan) dari oli akan membantu menentukan kemampuannya untuk melapisi.

Cooling
Hidrolik sistem menghasilkan panas bila sedang mengubah mekanikal energi ke hidrolik energi atau sebaliknya, Pada saat oli bergerak melalui sistem, panas akan merambat dari komponen-komponen yang lebih hangat ke cooler. Oli akan memberikan panas tersebut ke reservoir atau cooler yang telah di-design untuk menjaga oil temperature tidak melebihi batas.

Cleaning
Fungsi lain dari oli adalah membersihkan. Meskipun pada hydraulic tank sudah ada filler screen, bukan tidak mungkin kotoran debu akan masuk ke dalam sistem. Kotoran-kotoran ini akan dibawa oleh oli menuju ke tangki yang kemudian akan ditangkap oleh filter yang ada di dalam tangki.

Selain fungsi-fungsi tersebut di atas cairan hydraulic oil juga bisa mencegah karat dan korosi pada komponen-komponen metal, mencegah oli membentuk buih dan oksidasi, memisahkan udara, air serta kotoran yang lain dan juga menjaga oli dari perubahan temperature yang besar.

Demikian penjelasan singkat tentang komponen pada sistem hydraulic , semoga bermanfaat ...



Kamis, 03 Oktober 2019

KUE SOES

 Gambar mungkin berisi: makanan
Bahan :

- 150 ml air (atau susu cair ).
- 50 g butter.
- 50 g mentega (atau 100 g butter semua).
- 1/2 sdt vanilla extract.
- 1/2 sdt baking powder 85 g tepung protein tinggi, 15 g tepung protein sedang.
- 3 butir telur, ukuran besar.

Cara Membuat :

1. Masak air dan butter hingga mendidih. Matikan api.
2. Masukkan tepung, aduk hingga tercampur rata.
3. Nyalakan api kembali, aduk2 bahan Soes 4-5 menit.
4. Pindahkan ke mangkuk, dinginkan.
5. Setelah dingin, masukkan baking powder dan telur, kocok menggunakan mixer speed rendah agar uap panas adonan yang masi tersisa hilang.
6. Cetak menggunakan spuit diloyang yang telah dialasi kertas roti.
7. Panggang dioven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 200C, 20-30 menit (tergantung ukuran) atau hingga soes kecoklatan dan matang.


CUSTARD FLA

Bahan:

- 3 kuning telur 45 g gula.
- 20 g maizena.
- 250 ml susu cair.
- 15 g butter.

Cara Membuat :
1. Panaskan susu cair dan butter dengan api kecil hingga butter mencair. Matikan api.
2. Di mangkuk aduk rata kuning telur, gula dan maizena.
3. Masukkan susu cair hangat sedikit demi sedikit, aduk hingga tercampur rata. Saring.
4. Masak dgn api kecil sambil terus diaduk menggunkam spatula hingga mengental. Matikan api.
5. Taruh di wadah lalu tutup dengan plastik wrap sampai mengenai permukaan custard. Simpan di lemari es minimal 30 menit. Sebelum digunakan, kocok sebentar.[@inovpelawi]

Selasa, 01 Oktober 2019

JIKA DALIL-DALIL SALING BERTENTANGAN

Pembahasan seputar dalil saat berbicara masalah amaliyah dalam agama, menjadi bahan yang sangat seru untuk dikaji. Saking serunya, banyak yang lupa bahwa setiap perbedaan yang keluar dari ijtihad para Ulama salah satunya adalah karena dalil yang dipakai oleh masing-masing ulama seolah salingbertentangan antara satu dengan lainnya. Lucunya lagi, pelajar agama zaman sekarang melupakan sisi ini, sehingga hanya karena dalil yang dianut berbeda dengan yang lainnya sampai-sampai menganggap dalil lain yang kontra terhadap dalilnya dianggap lemah, salah, atau bahkan palsu, bahkan tak segan sampai kepada tingkatan menjauhi,memusuhi, hingga mengkafirkan. Padahal ulama zaman dahulu sudah membuat formulasi yang detail bagaiamana jika ada dalil-dalil yang kontradiktif. Hal tersebut dibuat supaya kita di zaman ini tidak terlalu banyak berdebat atas apa yang sebenarnya mereka belum kuasai.

Banyak yang berbusa-busa berdebat masalah dalil yang kontradiktif, layaknya perdebatan antara peneliti dan praktisi profesional. Perdebatan antar muslim seputar dalil yang berbeda ini tidak hanya terjadi di kalangan akademisi, tapi sudah masuk juga ke tingkat warung kopi. Ironisnya, begitu ditanya apa itu definisi dalil, masing-masing kemudian sibuk buka handphonenya untuk cari tahu. Berangkat dari fakta lucu tersebut, penulis mencoba menghadirkan buku cilik ini di hadapan para pembaca sekalian. Harapannya, melalui kajian ushul fiqih singkat yang kami rangkum ini, mampu memberikan pencerahan yang memadai terkait dalil, terutama bila terjadi kontradiksi antara satu dalil dengan dalil lain.
Selamat membaca, semoga bermanfaat ...


DOWNLOAD