Sabtu, 24 Agustus 2019

CARA MERAWAT ACCU MOTOR AGAR TETAP AWET DAN MAKSIMAL

Sebagai pengetahuan tambahan saja, accu motor dibedakan menjadi 2 macam yakni accu basah dan accu kering. Disebut aki basah karena pada aki jenis ini di dalamnya terdapat cairan berupa asam sulfat yang mana untuk merawat aki basah ini harus dilakukan secara berkala sebab cairan sulfat yang ada di dalamnya harus tetap terjaga supaya arusnya bisa maksimal. Sementara untuk aki kering yakni accu yang mengandung gel, yang mana gel tersebut sebagai pengganti cairan elektrolit. Untuk perawatannya, accu kering ini tidak perlu perawatan yang berkala sebab aki ini bebas perawatan.

1. Mengecek Terminal Accu

Selalu memeriksa terminal aki juga salah satu cara merawat aki motor agar awet, selalu periksa kedua terminal aki apakah ada yang bocor atau kekencangan baudnya. Sebab kebocoran aki sangat berbahaya untuk motor dan keselamatan pengendaranya.

2. Cek Ketinggian Air

Bagi motor yang menggunakan aki basah, cara merawat aki motor agar awet yang bisa dilakukan yaitu selalu memperhatikan ketinggian cairan. Pastikan cairan pada aki tidak melibihi batas atas dan jangan melebihi batas bawah. Jika cairan sudah dibawah batas bawah, segera dilakukan penambahan cairan aki tanpa harus melebihi batas atas.

3. Cek dioda kuprok nya

Selain memeriksa terminal accu, cara merawat accu motor agar awet yang selanjutnya yang bisa sobat lakukan yaitu memeriksa kondisi kuproknya. Seperti yang kita ketahui bahwa kuprok memiliki fungsi sebagai regulator yang menyalurkan listrik di dalam air terutama dibagian pengisian. Cara yang paling mudah untuk mengetahui kuprok masih bagus atau tidak yaitu dengan melihat lampu sein atau utama apakah masih redup atau tidak.

4. Rutin Menyalakan Motor

Cara merawat aki motor agar awet yang bisa sobat lakukan yaitu selalu menyalakan motor minimal setiap harinya. Hal ini untuk menghindari sel sel yang ada pada aki tidak mati atau kering.

5. Jangan Memaksa Starter Elektrik

Cara merawat accu motor agar awet yang kedua yakni jangan menyalakan starter elektrik secara paksa, jika saat ingin menyalakan starter namun susah lebih baik jangan dipaksakan khususnya untuk motor yang menggunakan accu basah. Alternatifnya bisa menggunakan starter kick terlebih dahulu untuk menyalakan motor.

6. Perhasikan Aksesoris Motor

Selalu memperhatikan aksesoris yang digunakan pada motor sobat. Hindari pemakaian aksesoris yang berlebihan khususnya aksesoris yang berhubungan dengan kelistrikan seperti lampu variasi atau pun klakson variasi.

7. Memasang capasitor (bila bisa memasangnya)

Sifat dasar capasitor / Elco sendiri merupakan Komponen yang dapat berfungsi sebagai stabilizer arus listrik,, juga dapat berfungsi menyimpan arus.
Harganya pun cukup murah, (kisaran Rp 15.000).

Pemasangannya tinggal sambungkan kaki elco negatif (-)nya) ke kaki accu negatif (-) dan kaki elco positif (+) ke kaki accu yang positif (+) pula, baiknya di sambung klem baut accu.

Manfaat yang bisa dirasakan setelah dipasang capasitor tipe elco 10.000mF 50 V ini menurut testimoni, antara lain:

1. Suara Klakson jelas lebih nyaring.
2. arus /ampere di dalam accu lebih tahan lama. Accu lebih awet.
3. Lampu utama sedikit lebih terang.
4. Lampu Sein juga lebih terang.
5. Peningkatan pada performa akselerasi.

Kurang lebihnya itu saja yang bisa kami informasikan kepada sobat, melihat ulasan informasinya tidak ada keahlian khusus untuk melakukannya, yang perlu sobat lakukan hanya konsistensi sobat dalam merawat aki motornya. Semoga bermanfaat.

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan baik dan bijaksana
Dilarang membuat spam di blog ini
Mohon maaf bila ada komentar yang belum dijawab/dibalas