Kamis, 29 Agustus 2019

YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMASANGAN PANEL SURYA

Hemat energi menjadi isu yang semakin sering dibicarakan akhir-akhir ini, salah satu cara untuk menerapkannya adalah dengan memasang panel surya yaitu memanfaatkan sinar matahari yang diubah menjadi tenaga listrik. Dengan inovasi terbaru, kini memasang panel surya untuk rumah bukan lagi hal yang sulit dilakukan. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika menggunakan energi alternatif tenaga surya, di antaranya adalah mengurangi polusi udara.

Beberapa pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar minyak dan batu bara, yang menghasilkan polusi. Bagi yang sudah memiliki rumah dan sedang mempertimbangkan untuk memasang panel surya, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang perlu dipahami. 

Berikut ini empat hal yang menjadi keuntungan dari memasang panel surya: 

1. Energi gratis
Matahari menyediakan bahan bakar panas yang berfungsi menyalakan sistem komponen elektrik di rumah Anda. Hanya dengan menampung energi panas di siang hari, Anda bisa menyimpan banyak biaya yang digunakan untuk membayar tagihan listrik. 

2. Produksi energi bersih
Berbeda dengan listrik tenaga batu bara atau lainnya, energi tenaga surya digerakkan oleh panas matahari yang tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca penyebab pemanasan global. 

3. Insentif pemerintah 
Masyarakat kini bisa menjual listrik ke PT PLN (Persero) jika di rumahnya terpasang pembangkit listrik tenaga surya. Program ini dilakukan untuk mendukung pengadaan energi listrik menggunakan tenaga surya. Akan tetapi, kapasitas solar cell tak bisa melebihi daya terpasang dari PLN. Contohnya, jika daya listrik PLN terpasang di rumah ‎sebesar 30.000 watt, maka permohonan pemasangan solar cell tak bisa melebihi daya terpasang tersebut.
 
4. Mengurangi ketergantungan
Dengan memasang panel surya, secara langsung Anda juga telah mandiri dan tidak bergantung lagi kepada PLN untuk menyuplai kebutuhan listrik harian.
Selain beberapa kelebihan di atas, ada juga kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan Anda, antara lain: 

Sedangkan 3 hal kekurangannya adalah:

1. Sumber tenaga yang tidak konsisten
Matahari tentu tidak bersinar 24 jam dalam sehari. Pada beberapa rumah yang lokasinya tertutup oleh pohon atau gedung tinggi juga akan kesulitan mendapat sinar matahari yang maksimal.
Bahkan pada musim panas sekalipun, sinar matahari tidak selalu terang. Itu terjadi apabila tertutup oleh awan. Pada saat-saat tertentu, asupan tenaga listrik Anda bisa saja berkurang dan ini menjadi kelemahan utama. 

2. Biaya pemasangan yang besar
Meski banyak kelebihannya, biaya pasang solar cell masih terbilang cukup tinggi. Inilah yang membuat banyak orang berpikir puluhan kali sebelum yakin memasang instalasi panel surya di atapnya. 

3. Perawatan
Menjalankan tenaga listrik sendiri, artinya Anda harus siap melakukan perbaikan jika sewaktu-waktu terdapat kerusakan pada sistemnya. Panel surya harus dibersihkan secara rutin sehingga kotoran dan debu yang menempel tidak mengurangi kinerja listrik. Bila terdapat kerusakan akibat petir dan lain sebagainya Anda juga harus segera menghubungi tukang yang ahli untuk memperbaikinya. 

YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT PEMASANGAN PANEL SURYA
Sudah beberapa tahun terakhir ini masih banyak orang yang memasang panel surya di atap rumahnya secara tidak tepat. Untuk itu berikut beberapa hal yang harus Anda hindari saat memasang panel surya di atap rumah Anda. 

1. Memasang panel surya pada atap yang lama.

Ilustrasi pemasangan tersendiri
Gambar terkait
Ilustrasi pemasangan diatas atap rumah
 
Panel surya pada umumnya memiliki berat antara 5- 11 kg, tergantung seberapa besar ukurannya. Namun apa jadinya jika panel surya dipasang pada atap yang sudah usang dan rapuh ? Kita tidak mengetahui apakah atap yg dipasang panel surya masih kuat? Takutnya atap rumah Anda tidak kuat menahan beban panel surya sehingga membuat atap rumah menjadi roboh. Maka dari itu sebaiknya hindari memasang panel surya di atap yang mulai usang atau lama.Ada baiknya bila pemasangan ada tempat sendiri yang mandiri, bukan diatap rumah.

2. Menentukan arah yang tepat untuk memasang panel surya

Posisi terbaik adalah yang lebih terkena sinar matahari
Jangan asal sembarangan memasang panel surya di atap rumah Anda. Jika pemasangannya tidak tepat dengan arah matahari, maha energi yang dihasilkan akan tidak optimal. Oleh karena itu hindari pemasangan panel surya pada atap yang tidak mengarah pada matahari.

3. Derajat kemiringan atap rumah

Hasil gambar untuk cara mudah memasang solar cell
Ilustrasi derajat kemiringan mengikuti posisi atap rumah
Seperti yang anda ketahui, atap rumah yang ada di Indonesia rata-rata memiliki kemiringan 30-40°. Sedangkan panel surya dapat menangkap sinar matahari minimal pada kemiringan 10°. Semakin miring atap, efisiensi panel surya berkurang.

4. Pemasangan Panel surya yang tidak rapi

Pemasanagan yang tidak safety bisa merusak panel surya
 Panel surya yang sudah diapasang diatap rumah anda jika dilihat dari luar mungkin akan terlihat rapi, namun pastikan Anda juga melihat dibalik panel surya tersebut. Takutnya ada kabel yang bisa menghambat jalur air pada genteng. Karena jika terkena air saat hujan turun, akan terkena konsleting listrik. Dan akan dapat memicu penyebab kebakaran. Oleh karena itu pastikan Anda memasangnya dengan benar dan rapi.

5. Tidak melakukan perawatan secara rutin

Contoh perawatan rutin pada panel surya
Banyak rumah-rumah yang sudah terpasang panel surya untuk menghasilkan energi yang ramah lingkungan, namun panel surya yang sudah terpasang harus mendapatkan perawatan secara rutin. Karena panel surya akan tertutup debu, sehingga akan mengurangi penyerapan sinar matahari, juga harus di cek perawatan-perawatan lainnya.

Untuk pemasangan panel surya yang tepat, maka dibutuhkan teknisi yang sudah berpengalaman. Jangan sembarangan memasangan panel surya secara autodidak, kecuali anda miliki basic teknik yang baik. Serahkan pada ahlinya itu yang utama. Lebih baik anda mengeluarkan biaya lebih untuk menyewa jasa pemasangan agar lebih aman dan terpercaya. Nah, anda sudah terpikirkan untuk mencoba ?. Selamat mencoba dan semoga berhasil...

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan baik dan bijaksana
Dilarang membuat spam di blog ini
Mohon maaf bila ada komentar yang belum dijawab/dibalas