Jumat, 23 Agustus 2019

FUNGSI INVERTER PADA SOLARSELL / PANEL SURYA

Kebutuhan akan energi listrik tetap jadi andalan dalam kriteria kebutuhan pokok. anda bisa bayangkan bagaimana keadaan kita di jaman milenia ini tanpa energi listrik ??. Masalahnya adalah, saat ini biaya beban listrik semakin lama semakin naik bila dinilai dari sisi rupiah. Tentu hal yang bijaksana adalah menghemat listrik !! Nah salah satu bentuk penghematan itu adalah dengan menggunakan energi alternatif untuk kebutuhan sehari-hari. salah satunya adalah perangkat panel surya + inverter.

Perlu anda ketahui bahwa panel surya merupakan sebuah alat yang digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga surya / matahari. Cell surya akan mengubah sinar (Bukan Panas) matahari menjadi sumber energi liastrik ramah lingkungan. Panel surya juga bisa kita gunakan setiap hari maupun sebagai cadangan jika terjadi kendala. Sebab untuk menggunakan alat ini kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya operasional seperti membeli bahan bakar karena pada dasarnya panel surya tidak memerlukan bahan bakar. 

Fungsi Inverter Pada Panel Surya

Untuk menggunakan panel surya kita perlu komponen tambahan yang dibuat khusus panel surya di antaranya yaitu:

  • Panel Surya
  • Solar Charge Controll (berfungsi untuk mengontrol pengisian daya dari solar panel ke baterai agar tidak overcharge)
  • baterai / Aki
  • Power Inverter Dll.
Nah pada topik yang akan kita bahas kali ini yaitu apa Fungsi Inverter Pada Panel Surya. Mari kita simak penjelasan dibawah ini.
Fungsi Inverter yaitu untuk merubah arus searah (DC) menjadi arus bolak balik (AC). Tujuan kita menggunakan inverter yaitu agar bisa menyalakan peralatan elektronik seperti komputer, TV, Kulkas dan lainnya. Sebab pada dasarnya peralatan tersebut perlu arus 220AC. Inverter yang biasa digunakan untuk perlengkapan solar panel / panel surya yaitu pure sin wave inverter.

 Ulasan seputar Pure Sin Wave Inverter





Pure sin wave merupakan salah satu inverter terbaik pada saat ini, karena tegangan Outpu dari inverter ini adalah gelombang sinus murni. Inverter jenis ini lebih unggul karena mampu memberikan tegangan ke induktor mencapai titik terbaik yaitu sekitar 80%.
Sedangkan untuk square wave ini mengeluarkan tegangan output kotak, maka jangan heran kalau tidak bisa menyupplay tegangan ke induktor.
Modified sin wave, gelombang yang di keuarkan oleh inverter jenis ini sebenarnya berbentu kotak, namun karena dimodifikasi maka gelombang hampir mirip dengan sinus. Jika kita gunakan untuk menyupplay tegangan ke dinamo tingkat keefisiensiannya jauh lebih rendah dari pada pure sin wane inverter.
Gelombang yang dikeluarkan oleh pure sin wave inverter ini akan jauh lebih aman jika digunakan untukmenyalakan peralatan elektronik yang anda gunakan. Karena tingkat keamanan dan juga keunggulannya inilah yang pure sin wave inverter memiliki harga jual jauh lebih mahal dibanding dengan jenis lain.
Kebanyakan orang menggunakan inverter jenis ini untuk alat tambahan solar panel karena menurut mereka konsumsi listrik dari baterai juga lebih irit.
Pure sin wave inverter juga aman untuk menyalakan AC, Komputer, Kulkas, Pompa air dll. Meskipun terbilang aman, anda juga harus memperhatikan daya maksimum dari inverter itu sendiri.
Itulah sedikit ulasan yang saya bisa berikan kepada anda hari ini tentang Kelebihan Inverter Pure Sine Wave.

Inverter untuk panel surya sendiri juga memiliki harga yang terbilang mahal dibanding dengan yang biasa, hal itu dikarenakan ada keistimewaan yang dimiliki oleh pure sin wave inverter. Ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membeli inverter untuk anda gunakan, diantaranya yaitu:


1. Beban Dalam Watt
Jika anda akan membeli Inverter usahakan sudah dilakukan pengecekan berapa daya yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan listrik dirumah anda. Usahakan pilih inverter yang kinerjanya hampir mendekati beban yang akan digunakan agar kinerjanya menjadi lebih maksimal.

2. Tentukan Input
Inverter memiliki tegangan input yang berbeda beda, beberapa diantaranya yaitu 12V 24V 60V dan 72V. Tentukan berapa volt anda akan inputkan ke inverter tersebut.


3. Sin Wave atau Square Wave
Tentukan jenis inverter yang ingin anda miliki, sebab dari kedua jenis tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing.

Perlu anda ketahui juga bahwa banyak jenis modified inverter yang banyak dijual dipasaran. Modified inverter merupakan hasil kombinasi dari Squarewace dan Sinwave. Jika lihat bentuk gelombang melalui Oscilloscope akan keluar gambar sinus dengan garis putus putus pada sumbu y=0.
Ada juga inverter yang mengubah arus DC ke AC yang kemudian dihubungkan ke jaringan listrik yang sudah terpasang, inverter tersebut dikenal dengan istilah Grid Tie. Kekurangan dari inverter ini yaitu tidak bisa berdiri sendiri, apalagi jika jaringan listrik tidak tersedia maka ia tidak akan bekerja sama sekali.
Namun kelebihan pada inverter ini kita bisa mentransfer kelebihan daya ke jaringan PLN yang bisa dinikmati bersama serta bisa mendapatkan bayaran dari PLN sesuai dengan harga yang telah di sepakati. Nah selain kita bisa menikmati energi listrik gratis dan ramah lingkungan bisa juga untuk dijadikan bisnis yang sangat menguntungkan.
Mungkin sampai disini tentang pembahasan Fungsi Inverter Pada Panel Surya pada kali ini, semoga bermanfaat.

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan baik dan bijaksana
Dilarang membuat spam di blog ini
Mohon maaf bila ada komentar yang belum dijawab/dibalas