Senin, 23 September 2019

PERBEDAAN VOLTAGE, AMPERE, WATT & OHM


Gambar diatas adalah rumus menentukan nilai dari satuan Volt, Ampere, Watt & Ohm.
Dalam pembahasan sekarang ini saya akan memberikan informasi mengenai masalah kelistrikan. seputar hal ini.

Sebelumnya anda bisa melihat pengertian singkat dibawah ini agar anda bisa lebih paham mengenai istilah dalam dunia kelistrikan ini:

Voltage
Volt itu adalah satuan besar teganan listrik, didalam lambang internasional ukuran volt ini biasanya di gambarkan dengan lambang V.
Volt adalah satuan listrik untuk menyatakan besaran Tegangan listrik yang dihasilkan atau dibutuhkan dari berbagai sumber listrik.
Satuan listrik dapat kita jumpai pada berbagai alat listrik di rumah, seperti pada lampu tertulis 220Volt, Mesin Cuci 220Volt, dan sebagainya.Satuan volt disini menyatakan besaran tegangan listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan berbagai alat listrik tersebut.Selain itu, Satuan volt dapat kita jumpai pada berbagai pembangkit listrik, seperti Genset 220Volt, Genset 380 Volt/220Volt 3 fasa, dan sebagainya. Satuan volt disini menyatakan besaran tegangan listrik yang dapat dihasilkan dari berbagai pembangkit listrik tersebut.

Ampere
Ampere adalah satuan besar arus listrik yang mengalir dari kutub positif ke kutub negatif.
Ampere adalah satuan listrik untuk menyatakan besaran Arus listrik yang mengalir pada saat alat listrik digunakan. Satuan ampere juga dapat kita jumpai pada berbagai peralatan listrik di rumah, Seperti MCB 2Ampere, Stopkontak 16Ampere, dan berbagai peralatan listrik lainnya.
Satuan ampere disini menyatakan seberapa besar arus listrik maksimal yang dapat dialirkan melalui alat listrik tersebut.
Selain itu, Satuan Ampere juga dapat kita jumpai pada berbagai peralatan listrik lainnya, seperti Setrika listrik 220watt/ 1 Ampere, Mesin cuci 450Watt / 2Ampere, dan sebagainya.
Satuan Ampere disini menyatakan besaran arus yang mengalir saat alat listrik tersebut dinyalakan.

Watt
Watt adalah satuan daya listrik didalam lambang internasional watt dilambangkan dengan huruf W, jadi bisa dinyatakan kalau watt itu adalah satuan besaran listrik yang ada,dan besaran listrik ini dinamakan sebagai voltase.
Watt adalah satuan listrik untuk menyatakan besaran daya (Power) dari berbagai peralatan listrik, Satuan watt biasa kita jumpai pada berbagai peralatan listrik yang biasa digunakan di rumah, seperti Lampu TL 38Watt, Setrika 350Watt, Mesin cuci 150Watt, Pompa air 200Watt, dan sebagainya.
Satuan Watt disini menyatakan seberapa besar daya listrik yang dibutuhkan untuk menyalakan berbagai peralatan listrik tersebut.
Selain itu, satuan watt juga dapat kita temukan pada berbagai peralatan listrik lainnya, seperti Genset 1000Watt, Stabilizer 500Watt, Inverter 1000Watt dan sebagainya.
Satuan Watt disini menyatakan seberapa besar daya listrik yang dapat dibebani atau ditanggung oleh berbagai alat listrik tersebut.

Ohm
Ohm itu adalah satuan hambatan listrik biasanya dilambangkan dengan lambang Ω.
Satuan hambatan listrik dalam sistem meter kilogram detik, dinamai untuk menghormati fisikawan Jerman abad ke-19 Georg Simon Ohm.
Hal ini sama dengan resistansi rangkaian di mana perbedaan potensial satu volt menghasilkan arus satu ampere (1Ω = 1 V / A); atau, hambatan di mana satu watt daya didisipasikan ketika arus satu ampere mengalir melalui itu. Hukum Ohm menyatakan bahwa hambatan sama dengan rasio perbedaan potensi dengan arus, dan ohm, volt, dan ampere adalah satuan dasar untuk masing-masing yang digunakan secara universal untuk mengekspresikan besaran.

Nah setelah melihat pengertian dari beberapa istilah ini, sekarang kita akam menuju ke kebahasan pokok kita sekarang ini mengenai perbedaan volt ampere, ohm dan watt yang mungkin belum anda belum sepenuhnya memahami.

Perbedaan Volt, Ampere, Ohm Dan Watt

Untuk lebih mudah mendapatkan penjelasan mari kita aplikasikan sistem listrik ini dalam sebuah pipa air, apabila anda memiliki satu buang toren atau tangki air yang terhubung dengan pipa untuk mengairi rumah, maka jika anda meningkatkan tekanan didalam tangki air anda maka akan membuat air yang keluar menjadi semakin kencang, dan hal ini sebenarnya sama saja dengan sistem di listrik apabila voltase meningkat maka akan membuat listrik semakin kencang juga.

Lalu apabila anda memperbesar diameter selang yang tadi maka yang terjadi adalah akan semakin banyak air yang mengalir di selang tersebut dan hal ini sama saja dengan penurunan resistensi didalam sistem kelistrikan yang bertujuan untuk meningkatkan aliran arus listrik, sekarang anda bisa melihat gambar dibawah ini sebagai ilustrasi bagaimana kinarja volt, ohm, dan ampere.



Jadi bisa kita tarik kesimpulan kalau watt itu sama saja dengan dengan besaran air yang ada dalam toren atau bak penampungan, sedangkan volt itu sama saja dengan tekanan air yang mengalir, sedangkan ampere itu adalah satuan besaran air yang mengalir dari pipa, kemudian ada ohm yang berfungsi untuk menghambat ampere yang mengalir sehingga keluarnya aliran listrik tidak terlalu bersar ketika kebutuhannya sedikit. Nah jadi 4 buah satuan itu berbeda satu sama lain namun memang semuanya saling bekerja sama dengan baik untuk bisa mengalirkan aliran listrik sesuai dengan kebutuhan yang ada

Semoga informasi mengenai Perbedaan Volt, Ampere, Ohm Dan Watt bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menambah wawasan anda mengenai dunia kelistrikan ini. [irawan]

0 Comments:

Posting Komentar

Silahkan komentar dengan baik dan bijaksana
Dilarang membuat spam di blog ini
Mohon maaf bila ada komentar yang belum dijawab/dibalas